-->

TP-PKK Papua Sinergi dengan Kegiatan B2DA dalam Upaya Penurunan Stunting di Biak


BIAK, LELEMUKU.COM - TP. PKK Provinsi Papua sambangi Kebun Sayur TP. PKK Kampung Saukobye Distrik Biak Utara Kabupten Biak Numfor yang merupakan bentuk nyata sinergi dengan Dinas Pertanian Pangan Provinsi Papua melalui Kegiatan Desa Beragam, Bergizi seimbang dan aman (Desa B2SA) dalam upaya penurunan angka stunting (25/11). 

Pj. Gubernur Papua Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM terus mendorong TP PKK Provinsi dan Kab/Kota melakukan sinergi kolaborasi bersama instansi teknis guna menciptakan generasi emas di tahun 2045 dengan menurunkan angka stunting salah satunya dengan Dinas Pertanian Provinsi Papua melalui Kegiatan Desa B2SA, “Kegiatan ini sangat baik dimana ibu-ibu yang tergabung dalam PKK memaksimalkan halaman / pekarangan rumahnya  untuk menanam tanaman sehat produktif yang sangat baik untuk memacu gizi anak dan tentunya juga bisa meningkatkan potensi ekonomi keluarga” , tandasnya, saat bersama  Ketua TP. PKK Provinsi Papua  melihat lebih dekat  dan memanen langsung  tanaman Sayur Kangkung dan Sawi. 

Dalam kesempatan yang sama,  Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua Ir. Samuel Siriwa menjelaskan bahwa Program Desa B2SA (Beragam Bergizi Seimbang Dan Aman) merupakan Program yang secara berjenjang dari Pusat melalui Bapanas untuk pengendalian stunting bekerja sama dengan TP.  PKK Pusat, TP.  PKK Provinsi, TP.  PKK Kab/Kota, TP PKK Distrik dan TP PKK Kampung. Desa B2SA ada tiga  kegiatan pendukung yaitu: Teras Pangan berupa pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam sayur-sayuran, berternak ikan, ayam yang dapat digunakan untuk  memberi makan bagi anak anak  di posyandu; Gerai Pangan adalah tempat untuk menjual hasil yang bersifat pangan maupun kerjajinan para anggota TP. PKK kampung dan juga dijadikan tempat untuk edukasi dan sosialisasi penanggulangan stunting; serta Rumah Pangan merupakan tempat pengolahan dan pemberian makanan bagi anak anak Balita juga anak anak  beresiko stunting dan gizi buruk selama 3 bulan. Disamping  Kegiatan Desa B2SA untuk mendukung kinerja TP. PKK Provinsi, Dinas Pertanian Provinsi Papua di Kabupaten Biak  juga menyediakan lahan 15 Hektar,  yang khusus untuk mendukung Gerakan Menanam Kembali Cabai sebagaimana arahan Ketua TP. PKK Pusat Ny Tito Karnavian guna menekan laju Inflasi di Daerah, pungkasnya. 

Peninjauan dan Pemanenan Tanam Sayur di TP. PKK Kebun Sayur TP. PKK Kampung Saukobye Distrik Biak Utara merupakan salah satu rangkaian Kunjungan Kerja Pj. Gubernur Papua dalam Rangka Pengendalian Inflasi, Penurunan Angka Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Kabuapten Biak Numfor. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel