-->

Josep Borrell Sebut Pembentukan Negara Palestina Jadi Jaminan Terbaik untuk Keamanan Israel


WASHINGTON, LELEMUKU.COM -Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan pada hari Senin (20/11) bahwa pembentukan negara Palestina merupakan cara terbaik untuk menjamin keamanan Israel.

Borrell menggelar pertemuan video dengan para menteri luar negeri ke-27 negara anggota UE setelah mengunjungi Timur Tengah untuk membahas perang Israel-Hamas.

Diplomat tertinggi UE itu mengatakan dirinya sudah mengambil “kesimpulan politik mendasar” dari hasil diskusinya di kawasan TimTeng.

“Saya rasa jaminan terbaik bagi keamanan Israel adalah pembentukan negara Palestina,” ungkapnya dalam ringkasan tertulis pertemuan UE.

Borrell telah menekankan bahwa Israel tidak boleh menduduki Gaza setelah konflik saat ini berakhir dan bahwa kekuasaan wilayah itu harus diserahkan kepada Otoritas Palestina.

“Terlepas dari tantangan besar yang ada, kita harus menjalankan pemikiran kita mengenai upaya penstabilan wilayah Gaza dan negara Palestina pada masa depan,” ungkapnya.

Dalam jangka pendek, Borrell mengatakan, setelah mengunjungi sejumlah negara Arab, ada “urgensi” mengenai situasi kemanusiaan yang gawat di Gaza.

“Resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan jeda kemanusiaan sesegera mungkin merupakan sebuah kemajuan besar, namun kita harus memastikan penerapannya secara cepat,” kata pejabat UE itu.

Kekhawatiran besar lainnya adalah kemungkinan konflik itu akan semakin memperburuk situasi di Tepi Barat dan menyeret aktor-aktor lain di Timur Tengah.

“Mengingat meningkatnya kekerasan ekstremis dan pemukim terhadap warga Palestina, terdapat risiko nyata bahwa situasi itu dapat mengeskalasi,” kata Borrell.

“Laporan mengenai sebuah kapal yang dibajak oleh Houthi adalah sinyal mengkhawatirkan lainnya mengenai risiko meluasnya konflik regional.” (VOA)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel