-->

Dinas Ketahanan Pangan Mimika Adakan Gerakan Pangan Murah

Dinas Ketahanan Pangan Mimika Adakan Gerakan Pangan Murah

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah, melalui Dinas Ketahanan Pangan, mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang ke-13 di tahun 2023. Berlangsung di halaman Kantor Kelurahan Timika Indah, Distrik Mimika Baru, Jumat (17/11/2023).

Selaku Lurah pada Kelurahan Timika Indah, Ferdi Mariangga, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan yang telah mengadakan Gerakan Pasar Murah di Kelurahan Timika Indah.

"Kami mengapresisasi kegiatan ini, karena dapat membantu warga Kelurahan Timika Indah untuk membeli bahan pokok langsung di kantor kelurahan, apalagi sudah menjelang Hari Raya Natal, sehingga banyak bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, harga di pasar murah ini sangat terjangkau, tidak sama dengan harga di pasar, maka warga Kelurahan Timika Indah sangat antusias untuk berbelanja. 

Selanjutnya, tanggapan salah satu warga saat ditemui, mengaku sangat senang ada kegiatan Gerakan Pangan Murah, yang pertama kali diadakan di Kelurahan Timika Indah, sehingga sangat membantu warga untuk membeli kebutuhan pokok dengan  harga terjangkau untuk masyarakat ekonomi rendah.

Sementara itu, mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mimika, Yulius Koga, S.Sos., M.Si., Kepala Seksi Distribusi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan, Husnia, S.P., M.Si., mengatakan Gerakan Pangan Murah dari Dinas Ketahanan Pangan dimaksudkan untuk stabilisasi pasokan harga pangan, serta mengimbangi laju inflasi.

"Harapannya, kepada semua warga Kelurahan Timika Indah agar memanfaatkan kegiatan GPM yang dilaksanakan oleh Dinas ketahanan Pangan ini, karena harga yang kami jual sangat terjangkau," ujar Husnia.

Lanjutnya, "Gerakan Pangan Murah dilakukan keliling setiap distrik dan kelurahan, dengan menggandeng dinas terkait dan beberapa distributor, Usaha Kecil Menengah (UKM) serta petani lokal yang ada di Kabupaten Mimika, yang selama ini menjadi pemasok di Toko Tani milik Dinas Ketahanan Pangan Mimika.''

Ia menyebutkan, volume komoditas sembako yang disediakan pada Gerakan Pangan Murah hari ini di Kelurahan Timika Indah yakni beras sebanyak 609 karung, tomat 300 kg dan cabe 300 kg.

Sementara bawang merah dan bawang putih masing-masing disiapkan sebanyak 500 kg, gula 2000 kg, susu 2000 kaleng, minyak goreng sebanyak 1.500 liter, serta telur sejumlah 800 rak. 

Komoditas yang dijual pada Gerakan Pangan Murah diantaranya, beras Premium 10 kg di harga Rp 122.000, beras SPHP 5 kg Rp 54.000, gula 1 kg Rp 12.000, minyak goreng 1 liter Rp 14.000, telur 1 rak Rp 55.000, bawang merah 1 kg Rp 25.000, bawang putih 1 Rp 30.000, tomat 1 kilo Rp 10.000, cabe rawit Rp 60.000, terigu 1 kilo Rp 10.000, dan daging ayam potong lokal 1 ekor Rp 50.000. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel