-->

Anthony Blinken Desak Israel Hentikan Serangan Militernya di Gaza


YERUSALEM, LELEMUKU.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Jumat, 3 November 2023, mendesak Israel untuk menghentikan sementara serangan militernya di Gaza guna memungkinkan bantuan masuk ke wilayah kantong Palestina, namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menolak kecuali sandera yang ditahan oleh militan Hamas dibebaskan.

Blinken berada di Timur Tengah untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari sebulan untuk berupaya menyeimbangkan dukungan Washington terhadap Israel atas serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober dengan kekhawatiran atas korban sipil yang melonjak akibat pengeboman Israel.

Meskipun Amerika Serikat mempertahankan dukungan yang kuat terhadap Israel, retorikanya semakin bergeser ke arah meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza, mengambil langkah-langkah untuk menghindari kematian warga sipil dan membuat jeda dalam pertempuran untuk memfasilitasi upaya pembebasan lebih dari 240 orang yang disandera oleh Hamas di Israel.

Berbicara pada konferensi pers, Blinken menyerukan jeda kemanusiaan, dengan mengatakan hal itu akan memungkinkan bantuan masuk ke Gaza, memfasilitasi upaya untuk mengamankan pembebasan sandera sekaligus memungkinkan Israel mencapai tujuannya mengalahkan Hamas.

Dia mengatakan dia telah berdiskusi dengan Netanyahu dan kabinet perang Israel bagaimana, kapan dan di mana jeda dapat diterapkan dan pemahaman apa yang harus dicapai. Dia mengatakan Washington menyadari hal ini akan memakan waktu dan memerlukan koordinasi dari mitra internasional.

Komentarnya mengisyaratkan bahwa kesepakatan apa pun dengan Israel masih sulit dicapai, dengan banyak poin penting yang belum diselesaikan.

“Sejumlah pertanyaan muncul dalam diskusi kami hari ini termasuk bagaimana menggunakan periode jeda untuk memaksimalkan aliran bantuan kemanusiaan, bagaimana menghubungkan jeda tersebut dengan pembebasan sandera, bagaimana memastikan bahwa Hamas tidak menggunakan jeda atau pengaturan tersebut yang menguntungkan mereka sendiri,” kata Blinken kepada wartawan pada konferensi pers di Tel Aviv.

“Ini adalah permasalahan yang perlu segera kami atasi, dan kami yakin permasalahan ini dapat diselesaikan.”

Berbicara tak lama setelah Blinken, Netanyahu dalam pernyataan yang disiarkan televisi menolak gagasan tersebut. “Saya jelaskan bahwa kami akan melanjutkan kekuatan penuh dan Israel menolak gencatan senjata sementara yang tidak mencakup pembebasan sandera kami.”

Seperti Israel, Amerika Serikat telah menolak seruan internasional untuk melakukan gencatan senjata, namun berupaya membujuk Israel untuk menerima jeda lokal.

Blinken, diplomat utama Presiden AS Joe Biden, terakhir berkunjung setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang menurut Israel menewaskan 1.400 orang, sehingga memicu eskalasi paling berdarah dalam konflik Palestina-Israel selama bertahun-tahun.

Perang Regional

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan lebih dari 9.000 orang telah terbunuh sejak Israel melancarkan serangannya ke wilayah tersebut.

Menjelang pertemuan dengan Presiden Israel Isaac Herzog, Blinken menegaskan kembali bahwa Israel memiliki hak untuk "melakukan segala kemungkinan untuk memastikan peristiwa 7 Oktober ini tidak akan terjadi lagi."

Herzog mengatakan Israel akan berusaha keras untuk memberi tahu penduduk mengenai serangan udara, sambil memegang salah satu pamflet yang menurutnya telah dijatuhkan Israel yang memberitahu warga sipil untuk meninggalkan Gaza utara. Dia mengatakan Israel telah mendesak warga Gaza untuk meninggalkan Gaza melalui pesan teks dan panggilan telepon sebelum serangan dimulai.

Keluarga dari beberapa sandera berkumpul di luar kompleks militer di Tel Aviv tempat Blinken bertemu dengan para pemimpin Israel. Mereka menyerukan agar tidak ada gencatan senjata sampai Hamas membebaskan semua sandera.

Blinken mengatakan 100 truk bantuan kemanusiaan memasuki Gaza melalui penyeberangan Rafah dari Mesir setiap hari tetapi itu tidak cukup.

“Saya berbicara dengan para pemimpin Israel tentang langkah-langkah nyata yang dapat diambil untuk meningkatkan pasokan makanan, air, obat-obatan, bahan bakar, dan kebutuhan penting lainnya secara berkelanjutan, sambil menerapkan langkah-langkah untuk mencegah pengalihan perhatian oleh Hamas dan kelompok teroris lainnya,” kata Blinken.

Prioritas lain Blinken adalah memastikan konflik tidak meluas.

Berbicara bersamaan dengan Blinken, Sayyed Hassan Nasrallah, pemimpin kelompok Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon, memperingatkan Amerika Serikat bahwa jika Israel tidak menghentikan serangannya terhadap Gaza maka konflik dapat meluas menjadi perang regional.

Blinken mengatakan Washington bertekad tidak boleh ada pihak kedua atau ketiga dalam konflik tersebut dan berkomitmen untuk mencegah agresi dari pihak mana pun.

“Sehubungan dengan Lebanon, sehubungan dengan Hizbullah, sehubungan dengan Iran – kami sudah sangat jelas sejak awal bahwa kami bertekad bahwa tidak akan ada front kedua atau ketiga yang dibuka dalam konflik ini,” kata Blinken ketika ditanya apakah ada konflik yang akan terjadi. AS bersedia untuk mengarahkan senjata regionalnya pada sasaran di Lebanon dan Iran. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel