-->

Ambon jadi Tuan Rumah API 2023, Bodewin Wattimena Sebut Berikan yang terbaik


AMBON, LELEMUKU.COM - Malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) ke – 8 Tahun 2023 berhasil digelar Rabu (1/11/23) di Plaza Presisi, Mapolda Maluku – Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Ayo Jalan Jalan, Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota (Pemkot) didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Desa dan PDTT, dan para sponsor.

Malam Puncak API 2023 dibuka oleh Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa PDTT, Sugito, serta dihadiri Gubenur Maluku, Murad Ismail, Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, serta perwakilan Nominator Penerima award dari 42 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena di sela – sela kegiatan tersebut, menyatakan rasa syukur sebab Kota Ambon telah menunaikan “tugas” sebagai tuan rumah ajang Penghargaan Pariwisata tingkat Nasional tersebut.

“Kami bersyukur sebagai tuan rumah bisa dibilang berhasil melaksanakan ajang API Award 2023, soal sukses atau tidak, saya yakin dinilai oleh publik dan kementerian tapi yang pasti sebagai tuan rumah, kami sudah berikan yang terbaik dalam ajang ini,” katanya.

Wattimena berharap event ini menjadi semangat dan motivasi bagi pemerintah maupun pelaku pariwisata, dapat bergandengan tangan membangun pariwisata di Kota Ambon.

“Mudah – mudahan memotivasi kita untuk memberikan yang terbaik, dalam memperbaiki potensi pariwisata di Kota Ambon. Ini bukan soal menang penghargaan atau tidak tetapi bagaimana membangun ekosistem kreatif,” tandasnya

Sementara itu Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara yang telah menunjuk Kota Ambon, Provinsi Maluku sebagai tuan rumah malam Puncak API ke 8.

Dijelaskan, Malam Puncak API 2023 merupakan momen penting bagi dunia pariwisata yang berdampak luas dan menjadikan informasi penting bagi wisatakan untuk mendukung berbagai tempat wisata di seluruh indonesia.

“Kementerian dan lembaga terkait, serta pihak swasta diharapkan agar dapat mendorong meningkatkan kualitas tempat wisata termasuk desa wisata, pelayanan, serta industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Diketahui, pada malam puncak API Award 2023 diumumkan 18 kategori terbaik peraih penghargaan. Mulai dari makanan tradisional, minuman tradisional, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, destinasi belanja, cinderamata terbaik.

Kemudian olahraga dan petualangan terbaik, wisata air, ekowisata terbaik, dataran tinggi terbaik, kampung adat terbaik, situs sejarah terbaik, atraksi budaya, festival budaya, destinasi unik, destinasi baru, surga tersembunyi.

Khusus Kota Ambon, sukses meraih dua kategori terbaik yaitu makanan tradisional dengan mengusung Sukun Latuhalat sebagai juara pertama dan Laha Mic Diving sebagai juara kedua wisata air terbaik.

Sebelumnya dalam ajang ini, Kota Ambon telah berhasil menjuarai beberapa Kategori. Pada 2020, juara II Kategori Brand Pariwisata, Ambon City Of Music; 2021 juara III Kategori Atraksi Budaya Sounds Of Green, dan 2022, juara I Kategori Kampung Adat Hatu Rutui negeri Rutong. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel