-->

Maruf Amin Hadiri Silatnas ke-VII KONSAIN


BALIKPAPAN, LELEMUKU.COM - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) ke-VII Kontak Santri Agribisnis Indonesia (KONSAIN) di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Gg. Arjuna Nomor 59, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimatan Timur, Selasa (24/10/2023).

Pada acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan Hari Sumpah Pemuda ini, Wapres menyampaikan 3 pesan untuk para santri. Pertama, santri harus menjadi agen perbaikan.

“Itu yang penting buat para santri, yaitu melakukan perbaikan,” tegasnya.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, perbaikan tersebut harus dilakukan dalam semua sektor, di antaranya kemasyarakatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial. Dengan demikian, santri diminta untuk selalu menjaga niatnya dalam melakukan perbaikan, dan tidak tergoda pada godaan yang mungkin timbul dalam perjalanannya.

“Kalau santri tidak boleh bergeser nawaitu (niat)nya, adalah perbaikan, bukan kekuasaan,” imbuhnya.

Kedua, Wapres mengingatkan bahwa santri tidak hanya berperan untuk menjaga diri sendiri maupun lingkungan sekitar saja. Lebih dari itu, santri juga harus menjadi penjaga tanah air.

“Bagi kita, itu menjadi penting menjaga tanah air, menjaga negara. Karena para ulama sudah mengatakan hubbul wathan minal iman, cinta tanah air bagian daripada iman. Santri sudah mulai berjuang untuk memerdekakan negeri ini sejak abad 19,” papar Wapres.

Terakhir, Wapres juga menegaskan bahwa santri wajib menjadi pemakmur bumi. Dengan berlimpahnya sumber daya yang dimiliki Indonesia, maka peran memakmurkan bumi menjadi penting agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia secara berkelanjutan.

“Kuncinya untuk bisa kemakmuran adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini (Silatnas KONSAIN) adalah jawaban santri tidak pernah diam, tapi memakmurkan bumi melalui berbagai kegiatan ini,” pungkas Wapres.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP KONSAIN menyampaikan bahwa Silatnas KONSAIN setiap tahunnya diadakan pada bulan Oktober dengan membawa semangat dua peringatan besar di bulan ini, yaitu Semangat Hari Santri Nasional dan Semangat Sumpah Pemuda.

Melalui semangat ini, ia berharap agar Silatnas KONSAIN dapat semakin mempererat silaturahmi antaranggotanya dan selalu dapat menghasilkan pemikiran membangun untuk kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan jadi momentum bagi KONSAIN dalam membangkitkan perekonomian dan meningkatkan persaudaraan,” ungkap Ali.

Hadir dalam acara ini, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Ketua Umum DPP KONSAIN M. Ali Cholil, serta para santri Pondok Pesantren Syaichona Cholil Balikpapan.

Sementara, Wapres didampingi oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Kepala Sekretartiat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Staf Khusus Wakil Presiden Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Nurdin Tampubolon (Setwapres)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel