-->

Mantan PM Inggris Tony Blair Puji Puji Proyek IKN dan Kepemimpinan Jokowi


JAKARTA, LEEMUKU.COM - Mantan Perdana Menteri atau PM Inggris Tony Blair memuji proyek Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara dan kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Blair menceritakan, dia dan Jokowi bertemu setahun yang lalu di Jakarta. Pada saat itu, mereka membahas mengenai pemindahan ibu kota ke IKN.

"Saat itu adalah mimpi, mimpi indah, mimpi ambisius namun tetap mimpi," kata Tony Blair dalam sambutannya di kantor Otorita IKN, Jakarta pada Rabu, 18 Oktober 2023. "Saat ini, berkat upaya luar biasa dari Otorita Ibu Kota Nusantara dan Pak Bambang (Kepala Otorita IKN Bambang Susantono), hal itu menjadi kenyataan."

Tony Blair menuturkan, IKN mulai terbentuk dan dibangun. Tony Blair juga bertanya kepada beberapa orang yang mengunjungi IKN dan semuanya berkata sangat terkesan oleh kemajuan, tampilan, dan nuansa keseluruhan proyek.

"Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi beberapa tahun terakhir telah menjadi salah satu negara paling signifikan di dunia," ujar Executive Chairman Tony Blair Institute for Global Change itu.

Adapun alasannya adalah visi dan dorongan dari Jokowi. Menurut Tony Blair, Jokowi mendorong IKN sesuai visi tidak hanya menjadi ibu kota negara, tapi juga sebagai simbol perubahan dunia.

"Jadi yang membuat saya sangat terkesan dengan proyek ini sejak awal adalah perasaan bahwa ini tidak hanya menawarkan sesuatu kepada Indonesia, namun juga menawarkan sesuatu kepada dunia," ungkap Tony Blair.

Tony Blair menjelaskan, ada dua hal paling penting bagi IKN dan bagaimana jadinya di masa depan. Pertama, letaknya di wilayah Indonesia yang indah dan kaya keanekaragaman hayati.

Selain itu, hal penting lainnya adalah bagaimana kehidupan dapat dilakukan dengan cara yang berkelanjutan dan melindungi lingkungan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel