-->

Jepang akan Berikan Bantuan Darurat Rp157,21 Miliar bagi Warga Gaza


TOKYO, LELEMUKU.COM -Jepang akan memberikan bantuan darurat senilai US$10 juta atau sekitar Rp157,21 miliar bagi warga sipil di Gaza, kata Menteri Luar Negeri Yoko Kamikawa pada Selasa 17 Oktober 2023.

Jepang saat ini merupakan presiden dari Kelompok Tujuh negara maju (G7). Kamikawa mengatakan, pihaknya memantau situasi di Gaza "dengan penuh keprihatinan".

Ia menambahkan bahwa Jepang mengharapkan situasi akan menjadi tenang kembali sesegera mungkin.

Kamikawa mengemukakan dia juga membuat persiapan akhir untuk melakukan pembicaraan dengan menteri luar negeri Iran.

Israel telah bertekad untuk memusnahkan Hamas yang didukung Iran –yang menguasai Jalur Gaza– setelah para pejuang Hamas menyerbu kota-kota Israel pada 7 Oktober. Serangan ini menewaskan sebanyak 1.300 orang dan menahan sandera dalam serangan terburuk terhadap warga sipil dalam sejarah Israel.

Namun, serangan balasan Israel juga menewaskan lebih dari 2.800 warga Gaza hingga hari ini, sebagian adalah perempuan dan anak-anak.

Sejak perintah evakuasi Israel di Gaza utara, seluruh keluarga termasuk anak-anak kecil dan orang tua telah mengumpulkan barang-barang mereka dan melarikan diri ke Gaza selatan, tidur di tempat yang tersedia, di dalam dan di luar ruangan.

Di Kota Khan Yunis di selatan Gaza, populasi normal sebanyak 400.000 jiwa meningkat dua kali lipat.

Ribuan warga Palestina lainnya berkumpul di perbatasan Rafah dengan Mesir dalam upaya untuk melarikan diri.

“Situasinya sangat buruk melebihi apa yang saya bayangkan,” kata Jamil Abdullah, warga Palestina-Swedia yang berharap untuk pergi setelah terpaksa tidur di jalanan.

"Ada banyak mayat di jalanan. Bangunan-bangunan runtuh menimpa penghuninya. Darah berceceran di mana-mana. Bau orang mati ada di mana-mana."

Wartawan di Gaza mengatakan kamar mayat penuh sesak, dan jenazah yang dibungkus dengan kantong jenazah putih bahkan disimpan di truk es krim.

Namun warga Gaza sebenarnya terjebak, dan negara-negara Arab tetangganya khawatir jika warga Palestina meninggalkan Jalur Gaza, mereka akan diasingkan secara permanen. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel