-->

Jayapura Sabet TP2DD Kota Terbaik di Wilayah Nusampua

Jayapura Raih TP2DD Kota Terbaik di Wilayah Nusampua

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Kota Jayapura berhasil menyabet TP2DD Kota Terbaik di wilayah Nusampua (Nusa Tenggara-Maluku-Papua) tahun 2023. Hal ini disampaikan pada kegiatan Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) yang diselenggarakan secara luring di Jakarta pada Selasa, 3 Oktober 2023. 

Rakornas P2DD merupakan forum tertinggi antara pimpinan Kementerian/Lembaga anggota Satgas P2DD dan seluruh Kepala Daerah selaku Ketua TP2DD untuk sinkronisasi kebijakan strategis di level pusat dan daerah. Rakornas P2DD tahun kedua ini bertema "Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju".

Perhelatan tersebut dihadiri oleh Menko Perekonomian sekaligus Ketua Pengarah Satgas P2DD, Airlangga Hartarto; Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati; Mewakili Mendagri, Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa; Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi; dan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, serta Kepala Daerah dari seluruh Wilayah Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyampaikan tiga peran Bl untuk mendukung dan mempercepat digitalisasi keuangan dan ekonomi daerah.

BI melakukan digitalisasi di bidang pembayaran, antara lain melalui QRIS yang telah mencapai 37 juta pengguna yang sebagian besar merchantnya adalah UMKM. Ke depan, QRIS juga akan semakin lengkap melalui fitur terbarunya, yaitu tarik tunai, transfer dan setor tunai (TUNTAS). Selain itu, QRIS juga telah tersambung dengan Kartu Kredit Indonesia (KKI) yang diharapkan akan turut mendorong percepatan elektronifikasi Pemda.

Perluasan layanan Kartu Kredit Indonesia, yang tidak terlepas dari peran pengaturan tata kelola dari Kemendagri. BI senantiasa memberikan dukungan melalui mobilisasi dengan perbankan dan Penyedia Jasa Pembayaran.

Selain keunggulannya yang tidak dikenakan biaya penggunaan, KKI juga memiliki bunga yang sangat terjangkau bagi merchant.

Dengan konsep satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, BI melakukan digitalisasi secara end-to-end yang mencakup KKI, QRIS dan fast payment yang akan tersambung dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), sehingga berbagai kanal pembayaran akan lebih cepat difasilitasi secara real-time. (BI Papua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel