-->

Iran Sepakat Jadwal Ulang Pertandingan Sepak Bola Liga Champions Asia dengan Arab Saudi



TEHERAN, LELEMUKU.COM - Iran, Rabu (4/10) mengatakan telah bersepakat dengan Arab Saudi untuk menjadwal ulang pertandingan Liga Champions Asia setelah kesebelasan Saudi memutuskan batal bertanding pada menit-menit terakhir menjelang pertandingan, tampaknya karena kehadiran patung seorang jenderal Iran yang terbunuh.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan kepada para wartawan hari Rabu bahwa kedua pihak akan menjadwal ulang pertandingan dan mendesak Konfederasi Sepak Bola Asia untuk meninjau insiden itu berdasarkan masalah “teknis.”

“Kita tidak boleh membiarkan olahraga berubah menjadi alat politik,” katanya.
Ia juga mengatakan bahwa hubungan dengan Arab Saudi bergerak di arah yang tepat, dan bahwa ia melakukan kontak langsung dengan mitra Saudinya pada Senin malam.

Tim Al-Ittihad Saudi tidak turun ke lapangan di Isfahan, Iran, pada hari Senin, di mana sekitar 60 ribu fans dengan bersemangat menunggu pertandingan mereka melawan tim Sepahan Iran.

TV pemerintah Arab Saudi Al Ekhbariya mengatakan para pemain menolak bertanding karena kehadiran patung mendiang Jenderal Qassem Soleimani yang ditempatkan di luar terowongan masuk stadion.

Soleimani adalah pemimpin pasukan elite Quds di pasukan paramiliter Garda Revolusi Iran. Ia dianggap sebagai pahlawan perang oleh para ulama penguasa negara itu dan pendukung mereka, namun dicap sebagai penjahat oleh Barat dan banyak negara Arab karena perannya dalam memimpin aktivitas militer Iran di seluruh kawasan itu.

Ia tewas dalam serangan drone AS di negara tetangga, Irak, pada tahun 2020.
Aksi kesebelasan Saudi tampaknya memperburuk upaya pemulihan hubungan belakangan ini antara Arab Saudi dan Iran. Tetapi dalam beberapa hari setelah itu, kedua pihak tampaknya ingin melewati masalah tersebut. Belum ada pernyataan dari para pejabat pemerintah Saudi.

Al-Ittihad merilis pernyataan beberapa jam setelah aksi walkout bahwa timnya meninggalkan stadion dan terbang kembali ke negara mereka karena diberitahu para penyelenggara liga bahwa pertandingan itu tidak akan berlangsung sesuai jadwal.

Federasi Sepak Bola Arab Saudi mengeluarkan pernyataan berisikan dukungan bagi tim mereka. Tidak ada pernyataan yang menyebut-nyebut tentang patung Soleimani. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel