-->

Hamas Lancarkan Serangan 5000 Roket, 40 Tewas di Israel dan 160 di Palestina

Hamas Lancarkan Serangan 5000 Roket, 40 Tewas di Israel dan 160 di Palestina

TEL AVIV, LELEMUKU.COM - Kelompok Islam Palestina Hamas melancarkan serangan terbesar terhadap Israel selama bertahun-tahun pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023, menewaskan lebih dari 40 orang dalam serangan mendadak yang menggabungkan serangan orang-orang bersenjata ke kota-kota Israel dengan rentetan roket ditembakkan dari Jalur Gaza.

Israel mengatakan kelompok yang didukung Iran telah menyatakan perang ketika tentaranya mengkonfirmasi pertempuran dengan militan di beberapa kota dan pangkalan militer Israel di dekat Gaza. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersumpah untuk membalas.

“Musuh kita akan membayar harga yang belum pernah diketahui sebelumnya,” katanya. “Kami sedang berperang dan kami akan memenangkannya.”

Setidaknya 40 warga Israel tewas dalam serangan sejauh ini dan lebih dari 250 orang terluka, kata layanan ambulans Israel, namun menambahkan bahwa jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

Militer Israel mengatakan telah melancarkan serangan udara ke Gaza, di mana para saksi melaporkan mendengar ledakan besar, yang menewaskan sedikitnya dua orang.

Serangan tersebut menandai infiltrasi yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok bersenjata Hamas yang jumlahnya tidak diketahui ke Israel dari Gaza, dan salah satu eskalasi paling serius dalam konflik Israel-Palestina selama bertahun-tahun.

Stasiun penyiaran Israel Reshet 13 TV News mengatakan militan menyandera warga Israel di kota Ofakim, dan lima militan Palestina tewas di kota Sderot dan rumah-rumah dibakar.

Media Israel melaporkan baku tembak antara kelompok pejuang Palestina dan pasukan keamanan di kota-kota di Israel selatan. Kepala polisi Israel mengatakan ada "21 adegan aktif" di Israel selatan, yang menunjukkan tingkat serangan tersebut.

Di Gaza, masyarakat bergegas membeli perbekalan untuk mengantisipasi konflik yang akan terjadi di hari-hari mendatang. Beberapa orang mengungsi dari rumah mereka dan menuju tempat perlindungan.

Komandan militer Hamas Mohammad Deif mengumumkan dimulainya operasi tersebut dalam siaran di media Hamas, menyerukan warga Palestina di mana pun untuk berperang.

“Ini adalah hari pertempuran terbesar untuk mengakhiri pendudukan terakhir di bumi,” katanya, seraya menambahkan bahwa 5.000 roket telah diluncurkan.

Setidaknya 160 warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel yang dilancarkan setelah serangan Hamas terhadap Israel.

Kelompok Hamas yang mengelola daerah kantong yang terkepung itu mengatakan, operasi besar-besaran yang mereka lakukan merupakan respons terhadap penodaan Masjid Al-Aqsa dan meningkatnya kekerasan pemukim.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengatakan bahwa mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina adalah satu-satunya jaminan bagi “keamanan, stabilitas dan perdamaian” di wilayah tersebut.

“Kami telah berulang kali memperingatkan konsekuensi dari kebuntuan cakrawala politik dan tidak memberikan hak sah kepada rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri dan negaranya.

“Kami juga telah memperingatkan konsekuensi dari provokasi dan serangan yang dilakukan setiap hari, terorisme yang terus berlanjut terhadap pemukim dan pasukan pendudukan, serta penggerebekan terhadap Masjid Al-Aqsa dan tempat-tempat suci Kristen dan Islam,” kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

“Yang menjamin keamanan, stabilitas, dan perdamaian di kawasan kami adalah mengakhiri pendudukan Israel atas tanah Negara Palestina, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, sesuai dengan garis tahun 1967, dan mengakui hak rakyat atas kemerdekaan dan kedaulatan.”

Pertikaian Besar Terbaru

Pertikaian besar terakhir antara Israel dan Hamas adalah perang 10 hari pada tahun 2021.

Berbicara kepada Israel N12 News melalui telepon dari Nir Oz, sebuah kibbutz dekat Gaza, seorang wanita yang diidentifikasi sebagai Dorin mengatakan militan telah menyusup ke rumahnya dan mencoba membuka tempat perlindungan bom tempat dia bersembunyi.

“Mereka baru masuk lagi, tolong kirimkan bantuan,” ujarnya. “Ada banyak rumah yang rusak… Suami saya menutup pintu… Mereka menembakkan peluru.”

Menteri Pertahanan Israel Gallant mengatakan "pasukan berperang melawan musuh di setiap lokasi" dan mengizinkan pemanggilan pasukan cadangan.

Militer Israel mengatakan pasukannya beroperasi di Gaza namun tidak memberikan rincian.

Media Israel melaporkan bahwa orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke arah orang-orang yang lewat di Sderot, dan rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan bentrokan di jalan-jalan kota serta orang-orang bersenjata di dalam jip berkeliaran di pedesaan.

“Kami diberitahu ada teroris di dalam kibbutz, kami bisa mendengar suara tembakan,” seorang wanita muda bernama Dvir, dari Beeri Kibbutz, mengatakan kepada Radio Tentara Israel dari tempat perlindungan bomnya.

Eskalasi ini terjadi di tengah meningkatnya kekerasan antara Israel dan militan Palestina di Tepi Barat, yang bersama dengan Jalur Gaza merupakan bagian dari wilayah di mana warga Palestina telah lama berupaya untuk mendirikan negara.

Hal ini juga terjadi pada saat pergolakan politik di Israel, yang terpecah oleh perpecahan mendalam mengenai upaya merombak sistem peradilan, dan ketika Washington berupaya mencapai kesepakatan yang akan menormalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi.

Kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran mengatakan operasi tersebut merupakan “tanggapan yang menentukan terhadap pendudukan Israel yang terus berlanjut dan merupakan pesan kepada mereka yang mengupayakan normalisasi dengan Israel”.

Diminta Hentikan Eskalasi

Arab Saudi menyerukan “penghentian segera terhadap eskalasi antara kedua belah pihak, perlindungan warga sipil, dan pengendalian diri” di tengah serangan yang sedang berlangsung oleh kelompok teror Hamas.

Riyadh mengatakan pihaknya ‘berulang kali memperingatkan’ akan adanya situasi yang meledak-ledak dengan warga Palestina.

Dalam sebuah pernyataan, Kerajaan Arab Saudi mengingatkan kembali “peringatan berulang-ulang mengenai bahaya ledakan situasi, sebagai akibat dari pendudukan yang terus berlanjut, perampasan hak-hak sah rakyat Palestina, dan pengulangan provokasi sistematis terhadap kesuciannya. ”

Kementerian Luar Negeri Saudi lebih lanjut menyerukan komunitas internasional untuk memimpin “proses perdamaian yang kredibel” untuk mencapai solusi dua negara.

Kerajaan tersebut telah melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan normalisasi dengan Israel. Berdasarkan bocoran yang beredar baru-baru ini, para perunding Arab Saudi, meski bersikeras memberikan konsesi bagi Palestina, tidak melihat pembentukan negara Palestina sebagai prasyarat untuk mencapai kesepakatan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel