-->

Baznas Maluku Salurkan Bantuan RLH di Kota Ambon


AMBON, LELEMUKU.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Maluku, menyalurkan bantuan Rumah Layak Huni (RLH) Baznas Pusat di wilayah Kota Ambon.

Uniknya, penerima bantuan tersebut adalah warga beragama Kristen yang berdomisili di RT 03/RW 02, Desa Hunuth – Durian Patah (DP), Kecamatan Baguala, atas nama, Lusiana Galandjindjinay

Plt. Ketua Baznas Provinsi Maluku, Ustad Arsal Tuasikal yang didampingi Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam penyerahan secara simbolis bantuan dimaksud, Rabu (25/10/23) di rumah warga penerima, mengatakan, ini menjadi satu – satunya di Indonesia dimana penerima bantuan adalah warga non Muslim.

“Tidak ada warga non Muslim diseluruh Indonesia yang menerima bantuan baznas seperti ini, satu – satunya di Kota Ambon dan itu karena jasa Pj. Wali Kota, yang mengusulkan,” ujarnya.

Diakui Tuasikal, 99 persen dana Baznas berasal dari umat Islam, karena berupa zakat, infaq dan sedekah sehingga harus disalurkan bagi kalangan umat Islam sendiri.  Namun  dalam bantuan RLH ini dananya berasal dari Coorporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan, baik BUMN, maupun swasta, yang menintipkan dananya ke Baznas.

“Jadi saya perlu sampaikan agar tidak terjadi kegaduhan, sebab dana ini murni dari CSR, dan rekening untuk transfer dan penyalurannya juga berbeda dengan yang berasal dari zakat, tidak dicampur,’ bebernya.

Tuasikal merinci, Bantuan RLH Baznas Pusat yang diberikan diwilayah Maluku sebanyak 65 unit, dimana untuk Kota Ambon hanya 1 unit rumah dengan nilai bantuan Rp 25 Juta.

“Itu terdiri dari Rp 20 Juta Biaya material dan sisanya untuk biaya tukang’ tandasnya.

Sementara itu, Pj.Wattimena menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Baznas pusat dan provinsi Maluku, yang turut membantu warga kota Ambon lewat penyaluran bantuan untuk bedah/perbaikan rumah.

“Ini luar biasa karena yang diberikan adalah warga Kristen, ini mencerminkan Baznas yang merupakan lembaga umat Islam tetapi dapat juga memberi bantuan kepada umat beragama lainnya, lewat dana CSR,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, apa yang dilakukan oleh Baznas pusat lewat Baznas Maluku ini, sejalan dengan upaya membangun Kota Ambon sebagai Kota Untuk semua orang  “Ambon Par Samua’, tanpa membedakan suku, ras dan agama.

Olehnya itu, kepada penerima bantuan Wattimena berharap agar dapat dimanfaatkan secara baik.

“Gunakan bantuan secara baik untuk perbaikan rumah dan maknai ini sebagai cara Tuhan memberikan berkat bagi umatnya yang setia,” pungkas Wattimena. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel