-->

AS Tingkatkan Aset Militer ke Timu Tengah


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Kekhawatiran tentang risiko konflik Timur Tengah yang lebih luas yang dipicu oleh perang Hamas vs Israel meningkat pada Minggu, 22 Oktober 2023, ketika Amerika Serikat mengirimkan lebih banyak aset militer ke wilayah tersebut ketika Israel menyerang sasaran di Gaza dan pendukung Hamas di Lebanon dan Suriah.

Sumber-sumber medis di Gaza mengatakan lebih dari 50 warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel semalam di daerah kantong tersebut, di mana Israel melakukan “pengepungan total” setelah serangan militan Hamas di perbatasan pada 7 Oktober yang telah membuat trauma warga Israel.

Di negara tetangga Suriah – tempat pendukung utama Hamas, Iran, memiliki kehadiran militer – rudal Israel menghantam bandara internasional Damaskus dan Aleppo pada Minggu pagi, menewaskan sedikitnya dua pekerja, menurut media pemerintah Suriah.

Di Lebanon selatan, tempat Hizbullah yang didukung Iran melakukan baku tembak lintas perbatasan dengan Israel untuk mendukung Hamas, Israel mengatakan pesawatnya mengebom sasaran Hizbullah pada Sabtu. Hizbullah mengatakan enam pejuangnya tewas.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan perdana menteri sementara Lebanon bahwa penduduk Lebanon akan terkena dampaknya jika negaranya terlibat dalam perang Israel-Hamas, kata Departemen Luar Negeri.

Dengan meningkatnya kekerasan di sekitar perbatasannya, Israel pada Minggu menambahkan 14 komunitas yang dekat dengan Lebanon dan Suriah ke dalam rencana evakuasi di bagian utara negara itu.

Israel memulai serangan udara yang tak henti-hentinya di Gaza di barat dayanya setelah orang-orang bersenjata Hamas menerobos perbatasan dan melakukan serangan mendadak ke komunitas-komunitas terdekat, menewaskan 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 212 orang kembali ke Gaza.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada hari Sabtu bahwa serangan udara dan rudal Israel sebagai pembalasan telah menewaskan sedikitnya 4.385 warga Palestina, termasuk ratusan anak-anak, dan lebih dari satu juta dari 2,3 juta orang di wilayah kecil itu menjadi pengungsi.

AS Meningkatkan Kehadiran Militer

Menteri Pertahanan Amerika Lloyd Austin mengatakan Washington akan mengirim lebih banyak aset militer ke Timur Tengah untuk mendukung Israel dan memperkuat postur pertahanan Amerika di wilayah tersebut menyusul “eskalasi yang dilakukan Iran dan pasukan proksinya baru-baru ini” – mengacu pada Hizbullah dan militan Islam Palestina.

Sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) dan batalyon sistem rudal pertahanan udara Patriot tambahan akan dikirim ke wilayah tersebut dan lebih banyak pasukan disiagakan, kata Austin.

Washington telah mengerahkan sejumlah besar kekuatan angkatan lautnya ke Timur Tengah dalam beberapa pekan terakhir, termasuk dua kapal induk, kapal pendukungnya, dan sekitar 2.000 marinir.

Drone dan roket menargetkan dua pangkalan militer yang menampung pasukan AS di Irak pekan lalu, yang terbaru dari serangkaian serangan setelah militan Irak memperingatkan Washington agar tidak melakukan intervensi untuk mendukung Israel melawan Hamas di Gaza.

Israel telah mengumpulkan tank dan pasukan di dekat perbatasan berpagar di sekitar Gaza untuk rencana invasi darat yang bertujuan untuk memusnahkan Hamas, setelah beberapa perang yang tidak meyakinkan sejak perebutan kekuasaan di sana pada 2007, pasca-pendudukan Israel selama 38 tahun.

“Kami akan pergi ke Jalur Gaza… untuk menghancurkan operasi Hamas dan infrastruktur Hamas,” kata Kepala Staf Letnan Jenderal Herzi Halevi kepada pasukan pada Sabtu.

Menguraikan strategi Israel dalam sambutannya kepada Fox TV pada Minggu, juru bicara militer Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan bahwa pihaknya "memiliki Hamas yang melemah, lelah dan terkilir dalam persiapan untuk tahap operasi militer berikutnya."

“Asumsi kerja kami,” katanya, “adalah bahwa Hamas telah mempersiapkan medan perang, bahwa terdapat berbagai dimensi peperangan yang siap untuk kita – khususnya terowongan – dan bahwa Hamas, setidaknya pada tahap pertama dan menengah, akan berperang dan akan melakukan perlawanan dan akan menimbulkan banyak korban pada (pasukan Israel)."

Sayap bersenjata Hamas mengatakan mereka telah menembakkan roket ke Tel Aviv pada Minggu. Belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel