-->

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Jalanin Pemeriksaan Kesehatan di RSPAD


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum atau KPU Idham Holik, mengatakan tim pemeriksa kesehatan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024 merupakan tim dengan keahlian profesional dan berintegritas.

"Tim dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan adalah para dokter spesialis dan tergabung dalam kolokium yang profesional dan berintegritas karena terikat dengan kode etik kedokteran," kata Idham, saat dihubungi Tempo di pesan WhatsApp, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Tim yang kini memeriksa pasangan capres-cawapres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar itu berjumlah 69 orang. Mereka terdiri dari enam tim. Tim pengarah, medikolegal, pelaksana, pemeriksa, dan tim pendukung. "Sebanyak 69 orang termasuk personalia pelayanan pemeriksaan," ujar Idham.

Menurut Idham, proses pemeriksaan kesehatan itu berjalan lancar. Anies-Cak Imin, kata dia, akan menjalani pengecekan kesehatan hingga pukul 17.10 WIB. Idham menyatakan pasangan Anies-Cak Imin itu mendatangi RSPAD Gatot Soebroto jam 07.00 WIB. "Tepat waktu dan sesuai jadwal," ujarnya.

Pemeriksaan itu meliputi tes kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba. Tes ini salah satu syarat bagi capres-cawapres setelah mendaftar di KPU. Menurut Idham, sesudah itu tim KPU akan memverifikasi administrasi, seperti legalitas administrasi persyaratan bakal capres-cawapres yang sebelumnya diserahkan ke KPU saat pendaftaran.

KPU akan menguji semua data yang diajukan pendaftar sah sesuai Pasal 13-21 Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2023. "Nanti tim verifikator tersebut akan memberikan status memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat," ujar Idham, Jumat, 20 Oktober 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi pasangan capres-cawapres setelah diusung Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera. Tiga partai politik itu tergabung dalam Koalisi Perubahan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel