-->

Tiba di AS, Volodymyr Zelenskyy akan Temui Joe Biden dan Hadiri Sidang Majelis Umum PBB


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, pada Senin (18/9), tiba di New York sebelum berpidato di Majelis Umum PBB dan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Ini adalah kunjungan kedua Zelenskyy ke Amerika Serikat – yang telah memasok persenjataan kepada Kyiv untuk melawan Rusia – sejak invasi Moskow dilancarkan pada Februari tahun lalu.

“Olena Zelenska dan saya tiba di Amerika Serikat untuk menghadiri pekan tingkat tinggi Majelis Umum PBB dan kunjungan ke Washington DC,” kata Zelensky di platform X, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Twitter, mengacu pada perjalanan bersama istrinya.

“Saya akan menghadiri Sidang Majelis Umum, KTT Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan pertemuan Dewan Keamanan PBB, serta sejumlah pembicaraan bilateral penting,” ujarnya.

Zelensky dijadwalkan untuk menyampaikan pidato di depan Majelis Umum pada Selasa (19/9).

“Ukraina akan mengajukan proposal konkrit kepada negara-negara anggota PBB tentang bagaimana memperkuat prinsip integritas teritorial dan meningkatkan kapasitas PBB untuk menggagalkan dan menghentikan agresi,” katanya.

Zelensky mengatakan dia akan memulai lawatannya ke Amerika Serikat dengan mengunjungi tentara Ukraina yang “menjalani perawatan dan rehabilitasi” di AS.

Pemimpin Ukraina itu kemudian akan melakukan perjalanan ke Washington untuk bertemu dengan Biden serta “para pemimpin Kongres AS dari kedua partai, pimpinan militer, pebisnis, jurnalis dan para anggota komunitas Ukraina.”

“Saya ingin berterima kasih kepada AS atas kepemimpinannya dalam mendukung perjuangan kami untuk kebebasan dan kemerdekaan,” kata Zelensky. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel