-->

AS Kembali Jatuhkan Sanksi ke Perusahaan Turki karena Bantu Rusia


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Pemerintahan Biden menjatuhkan sanksi terhadap lima perusahaan Turki dan seorang warga negara Turki karena membantu Rusia menghindari sanksi dan mendukung Moskow dalam perang melawan Ukraina, kata seorang pejabat senior Departemen Keuangan Amerika Serikat, Kamis, 14 September 2023.

Entitas tersebut termasuk perusahaan pelayaran dan perdagangan yang dituduh membantu perbaikan kapal yang terkena sanksi terkait dengan kementerian pertahanan Rusia dan membantu pengiriman “barang penggunaan ganda”.

Tindakan tersebut terjadi pada saat yang sulit bagi hubungan AS-Turki, dimana Washington berharap Ankara akan meratifikasi keanggotaan NATO untuk Swedia ketika parlemen Turki bersidang kembali pada awal Oktober.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya memberlakukan sanksi berat terhadap Rusia setelah invasi mereka ke Ukraina, namun saluran pasokan dari Turki  dan pusat perdagangan lainnya tetap terbuka, sehingga mendorong Washington untuk berulang kali mengeluarkan peringatan mengenai ekspor bahan kimia, microchip, dan produk lain yang bisa digunkan Rusia untuk perang di Ukraina.

Beberapa pejabat senior AS, termasuk Wakil Menteri Keuangan Wally Adeyemo, telah melakukan perjalanan ke Turki sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 sebagai bagian dari kampanye tekanan untuk mencegah perusahaan Turki membantu Rusia menghindari pembatasan AS.

“Selama 18 bulan terakhir, kami telah menyampaikan keprihatinan kami kepada pemerintah Turki dan sektor swasta serta memberi tahu mereka tentang risiko signifikan berbisnis dengan pihak-pihak yang kami beri sanksi yang terkait dengan perang Rusia,” kata pejabat senior Departemen Keuangan. berbicara dengan syarat anonimitas.

“Penunjukan ini mencerminkan komitmen berkelanjutan kami untuk menargetkan individu dan entitas yang memberikan dukungan material kepada entitas yang terkena sanksi,” kata pejabat tersebut. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel