-->

Ini Kesiapan Paskibraka Jayawijaya di Perayaan Dirgahayu RI Tahun 2023




WAMENA, LELEMUKU.COM - Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, Fatah Yassin, M.A.P mengungkapkan proses persiapan pengibaran bendera memperingati Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia (RI) oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten telah dimulai sejak Maret 2023.

“Pada bulan Maret, kami melaksanakan seleksi ketat di sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK di Jayawijaya. Hasilnya 66 peserta terpilih dengan formasi penuh,” ujar dia kepada Lelemuku.com pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Pelatihan paskibrakan sendiri dijalani dengan penuh semangat, dimana mengawali latihan di halaman Kantor Otonom Jayawijaya. Setelah, seluruh anggota paskibrakan telah memahami dasar-dasar  Peraturan Baris Berbaris (PBB), mereka pun dlihkan latihan berlatih di lokasi kegiatan, yaitu Halaman Kantor Bupati baru. 

“Hari ini adalah titik akhir dari perjalanan persiapan mereka. Dalam evaluasi, anak-anak muda ini menunjukkan kemampuan untuk menyerap materi pelajaran dengan baik,” katanya. 

Fatah menerangkan pada tahun ini menandai akhir peran Dinas Pemuda dan Olahraga dalam mengelola paskibraka Jayawijaya dan akan diambil alih tanggung jawab itu oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) pada tahun 2024. 

Kebijakan ini sejalan dengan perubahan regulasi yang mengalihkan tanggung jawab pembinaan Paskibraka ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tingkat nasional. Meskipun terjadi perubahan dalam regulasi dan peran, semangat untuk memberikan kontribusi terbaik bagi negara tetap kuat pihaknya lakukan dengan rasa tanggung jawab. 

“Fokus pihaknya saat ini memberikan hasil maksimal dan melibatkan semua pihak dalam persiapan,” lanjutnya. 

Anggota paskibraka tersebut akan melakukan latihan pemantapan pada Senin, 14 Agutus 2023, masuk karantina pada Selasa 15 Agustus 2023, Pengukuhan Paskibra pada Rabu, 16 Agustus 2023, mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih dan dilanjutkan dengan resepsi kenegaraan pada tanggal 17 Agustus. 

Fatah menuturkan meskipun latihan berat telah berakhir, latihan ringan akan tetap berlangsung di dalam tempat karantina untuk menjaga kebugaran dan siap dalam menyambut momen bersejarah pada 17 Agustus.

“Kerjasama lintas sektor dan instansi menjadi fondasi dalam memastikan peringatan HUT RI ke-78 di Kabupaten Jayawijaya berjalan lancar dan erkesan,” ungkap dia. (Laura Sobuber) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel