-->

Hermanto Harap Kolaborasi BBPOM dan Pramuka Lindungi Kesehatan Masyarakat Papua

Hermanto Harap Kolaborasi BBPOM dan Pramuka Lindungi Kesehatan Masyarakat Papua

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura, Provinsi Papua, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM sebagai Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka POM dalam kegiatan Pelantikan Mabi dan Pinsaka Daerah Papua dan Pinsaka Cabang Kota Jayapura serta Sosialisasi Saka POM mengungkapkan pentingnya kolaborasi untuk menjaga kesehatan masyarakat Papua. 

“Ini momen yang sangat baik tingkatkan kembali kolaborasi yang sudah ada dalam pengawasan obat dan makanan demi melindungi kesehatan masyarakat,” ungkap dia pada Selasa, 29 Agustus 2023. 

Hermanto berkeyakinan kerjasama yang lebih kuat akan tercipta. Selanjutnya menjelaskan setelah pelantikan, akan ada juga sesi sosialisasi terkait Satuan Tugas Pengawasan Obat dan Makanan (Satgas POM). Memberikan informasi kepada semua pihak yang hadir, termasuk peserta Saka tentang informasi yang mencakup aspek kesehatan, analisis makanan dan obat, serta implikasinya terhadap masyarakat.

Terdapat tiga aspek penting yang akan ditekankan dalam kegiatan Satuan Karya Pramuka POM, diantaranya deteksi cepat terhadap produk makanan dan obat-obatan. Ini melibatkan ujian skrining yang cepat terhadap produk-produk tersebut, yang hasilnya bisa diproses dalam waktu setengah jam guna memastikan keamanan produk bagi masyarakat.

Hermanto Harap Kolaborasi BBPOM dan Pramuka Lindungi Kesehatan Masyarakat Papua

Kemudian pemantauan produk makanan dan obat-obatan, termasuk produk-produk tradisional, serta produk yang dijual di berbagai tempat seperti toko, swalayan, dan supermarket dengan tujuan memastikan bahwa produk-produk tersebut aman dan bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

Aspek terakhir, penyebaran informasi tentang produk makanan dan obat-obatan yang melibatkan kegiatan seperti pameran bersama, di mana informasi penting dapat disebarkan kepada masyarakat. Tujuan utamanya agar masyarakat dapat memahami produk-produk yang aman dan bermanfaat, serta dapat menyebarkannya kepada teman, keluarga, dan masyarakat luas.

Hermanto pun berharap melalui sosialisasi, anggota Saka POM mampu memahami peran mereka dalam melindungi diri sendiri dan masyarakat dengan bagaimana membedakan produk-produk yang aman dan bermanfaat dari yang berpotensi membahayakan kesehatan. 

“Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, anggota Saka POM dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam menyebarkan informasi tentang produk yang baik dan menghindari yang berisiko,” harapnya. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda)  Papua Khistina  R. l. L. Mano, S.lp,.M.Ap dan Ketua Kwarcab Kota Jayapura Mathias Bentar Mano.  (Laura Sobuber) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel