-->

Tingkatkan Transparansi Layanan Publik, Kemenkumham Papua Sambut Hangat Kunjungan Ombudsman RI

Tingkatkan Transparansi Layanan Publik, Kemenkumham Papua Sambut Hangat Kunjungan Ombudsman RI

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua, DR. Yohanes Baptista Joko Rusmanta, melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua bersama rombongan. Rombongan ini terdiri dari Ketua KOMNAS Anak Indonesia yang diwakili oleh Sylvana Maria, Wakil Ketua LPSK Susilaningtias, serta perwakilan dari USAID dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI).

Tujuan kunjungan kali ini adalah membahas isu Konsiyering KUPP dan Penyiksaan dalam Lembaga Pemasyarakatan. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua beserta rombongan diterima langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius  Ayorbaba. 

Dalam pertemuan tersebut, Kakanwil didampingi oleh beberapa pejabat diantaranya Kadiv Administrasi Hendrik Pagiling, Kadiv Pemasyarakatan Endang L Hardiman, Kadiv Imigrasi Ian Fidihanto Markos, dan Kadiv Yankumham Muhammad Mufid. Pertemuan ini berlangsung di ruang kerja Kakanwil dan kemudian dilanjutkan di Aula Kanwil Kemenkumham Papua pada Jumat, 28 Juli 2023. 

Kakanwil  Ayorbaba menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua dan rombongan lainnya. 

"Terima kasih kepada bapak Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua serta Bapak/Ibu pimpinan maupun perwakilan Komnas Anak, USAID, dan PPDI atas kunjungannya di Kanwil Kemenkumham Papua," ucap dia.

Ayorbaba mengatakan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua adalah salah satu dari 33 kantor wilayah Kemenkumham yang berada di provinsi Papua (dulunya Irian Jaya) dan berlokasi di wilayah paling timur Indonesia. 

Kantor Wilayah ini memiliki 20 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di 1 Kota dan 9 Kabupaten, dengan total 1.289 orang staf. Struktur tersebut mencakup 1 Kantor Wilayah, 7 Lapas Umum, 1 Lapas Narkotika, 1 Lapas Perempuan, 1 Lembaga Pembinaan Khusus Anak, 3 Balai Pemasyarakatan, 1 Rupbasan, 4 Kantor Imigrasi, dan 1 Rumah Detensi Imigrasi.

“ Alokasi Penerimaan CPNS periode 2017-2023, di mana terdapat 420 orang pendaftar dan 372 orang yang lulus, serta Calon Taruna/i Poltekip dan Poltekim periode 2020-2021, dengan 41 orang pendaftar dan 20 orang yang lulus,” sebut dia.

Di sisi lain, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua, Yohanes Baptista Joko Rusmanta mengapresiasi beberapa capaian positif yang telah dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Papua beserta jajarannya. 

"Terima kasih kepada bapak Kakakanwil beserta jajaran yang telah menerima kedatangan kami.,” ujar dia.

Terkait beberapa kinerja positif yang dicatat oleh Kanwil Kemenkumham Papua beserta jajaran, pihaknya mengapresiasi. Namun, pihanknya juga  mencatat beberapa hal yang perlu diperbaiki oleh Kanwil Kemenkumham dan jajarannya. 

“Kami berharap langkah-langkah untuk meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam pelayanan kepada masyarakat dapat segera diimplementasikan," harapnya. (HumasKemenkumhamPapua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel