-->

Seoul Berusaha Perbarui Hubungan dengan Beijing di tengah Kontak AS – China


SEOUL, LELEMUKU.COM - Pakar mengatakan Korea Selatan diperkirakan akan menindaklanjuti pembicaraan untuk memperbaiki hubungannya dengan China, yang sudah dimulai minggu lalu pada konferensi tingkat tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (the Association of Southeast Asian Nations/ASEAN) di Jakarta.

Namun, hanya sedikit analis yang meramalkan akan ada pengurangan signifikan dari tekanan diplomatik dan strategis yang kini memecah hubungan kedua negara.

Keterlibatan diplomatik yang diperbaharui ini ditujukan untuk memitigasi ketegangan bilateral yang disebabkan oleh ketidaksenangan Beijing atas hubungan Seoul dan Washington yang makin erat.

Pembicaraan mereka datang ditengah-tengah pendekatan diplomatik Washington ke Beijing yang ditujukan untuk mengelola risiko dalam persaingan kedua negara adidaya itu.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin dan Wang Yi, ketua dari komisi sentral Partai Komunis China untuk urusan luar negeri, bertemu di sela-sela forum kawasan ASEAN di Jakarta pada Jumat (15/7) lalu.

Dalam pertemuan selama 45 menit itu, keduanya “setuju pentingnya pertukaran tingkat tinggi” dan “memutuskan untuk menggalakkan pertukaran bilateral dan komunikasi pada berbagai tingkatan,” demikian bunyi pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada Selasa (18/7). (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel