-->

Penny Wong Hadiri KTT ASEAN di Jakarta


JAKARTA, LELEMUKU.COM -NMenteri Luar Negeri Australia Penny Wong bertolak ke Jakarta untuk menghadiri pertemuan tahunan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN-Australia, Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur, dan Forum Regional ASEAN. Australia melihat ASEAN sebagai pusat kawasan yang stabil, damai, dan makmur.

"Kami memiliki hubungan keluarga, pendidikan, pariwisata, dan bisnis yang mendalam dengan negara-negara di Asia Tenggara, dan masa depan kita terkait dengan masa depan kawasan yang kita tinggali bersama," kata Wong, dalam keterangan tertulis.

Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada 11 Juli 2023 menjelaskan Wong dalam pertemuan dengan para Menteri Luar Negeri ASEAN, akan membahas peluang untuk meningkatkan kerja sama ASEAN dan Australia di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-Australia. Kerja sama itu di antaranya dibidang perubahan iklim, ketahanan kesehatan, dan tukar-pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik.

Menurut Wong,  ASEAN yang kuat sangat diperlukan untuk stabilitas kawasan. Australia akan terus bekerja dalam kemitraan dengan ASEAN untuk membentuk kawasan yang diinginkan semua pihak.

Sedangkan pada Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN, Wong akan menguraikan visi Australia untuk kawasan, dan bagaimana ASEAN serta Australia bisa bekerja sama dengan ASEAN untuk mengatasi tantangan bersama.

Kunjungan Wong ke Jakarta hanya berselang seminggu setelah kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Australia. Bagi Wong, lawatannya ke Indonesia sekaligus merupakan kesempatan untuk lebih memperkuat kemitraan kami dengan Indonesia dan menegaskan kembali dukungan Australia terhadap prioritas Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Bagi Australia, Indonesia adalah pusat untuk kemakmuran dan keamanan Australia.

Di sela-sela kunjungannya ke Jakarta, Wong juga akan menghadiri acara pameran foto yang menandai 70 tahun beasiswa Australia di Indonesia, ikut berpartisipasi dalam diskusi dengan kaum muda Indonesia tentang aspirasi bersama kami untuk kawasan ini dan mengunjungi pusat kesehatan setempat untuk menegaskan kemitraan Australia dan Indonesia di bidang reformasi kesehatan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel