-->

Biak Gelar Festival Munara Wampasi sebagai Bagian Dari Sail Teluk Cenderawasih 2023

Biak Gelar Festival Munara Wampasi sebagai Bagian Dari Sail Teluk Cenderawasih 2023

BIAK, LELEMUKU.COM - Kabupaten Biak Numfor menyelenggarakan Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) dan Festival Kasumasa Biak (FKB) sebagai bagian dari rangkaian acara Sail Teluk Cenderawasih 2023. 

FBMW merupakan festival yang memiliki daya tarik dan pengaruh yang kuat karena berhasil menampilkan karakter, seni, budaya, dan kehidupan masyarakat Biak dengan segala pesona budaya, kuliner, dan ekonomi kreatifnya.

Pada hari Sabtu, 1 Juli 2023, festival ini secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Elsye P. Rumbekwan, S.Pi, M.Si, yang mewakili Plh. Gubernur. Dalam sambutan yang dibacakan, Gubernur Papua menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Biak atas upaya mereka dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya tersebut.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor juga mendapat apresiasi karena telah mengubah warisan budaya ini menjadi sebuah festival yang dapat memperkenalkannya kepada dunia luar, serta mendorong masyarakat untuk tetap mempertahankan budaya tersebut. Pemerintah Provinsi Papua dan seluruh masyarakat di Teluk Cenderawasih, khususnya Biak Numfor, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat - Kemenko Maritim dan Investasi atas kepercayaan yang diberikan sebagai salah satu penyelenggara Sail Indonesia 2023.

Acara pembukaan dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktur Regional III Bappenas RI, Pj. Bupati Sarmi, Wakil Bupati Biak Numfor, Forkompimda Kabupaten Biak Numfor, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan para pelaku ekonomi kreatif. Festival FBMW ini diikuti oleh sekitar 30 UMKM yang berada di Kabupaten Biak Numfor, dan acara dilanjutkan dengan lomba dayung, parade perahu, serta acara adat apen beyern.

Ketua Panitia, dr. Ricard Mayor, menjelaskan bahwa FBMW yang berlangsung dari tanggal 1-8 Juli 2023 dan FKB yang akan berlangsung dari tanggal 13-17 Juli 2023, merupakan side event dari Sail Teluk Cenderawasih 2023. Festival ini dirancang untuk mendorong perekonomian UMKM dan berharap tradisi dan budaya yang ada dapat dilestarikan oleh masyarakat Biak Numfor dan sekitarnya. (KominfoPapua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel