-->

Pelatihan Pengembangan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Mimika

Pelatihan Pengembangan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Mimika

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengadakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Tim Reaksi Cepat (TRC), Selasa (13/06/2023) di Timika.

Kegiatan dihadiri dan dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Paulus Dumais, S.Pd., M.M.

Dalam sambutan mewakili Plt Bupati Mimika, Paulus mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut surat dari Kementerian Dalam Negri perihal Pembentukan Tim Reaksi Cepat di tingkat provinsi dan kabupaten, serta surat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) perihal tindak lanjut hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) 2022.

Dijelaskannya, hal tersebut untuk meningkatkan respon pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan penanggulangan bencana kepada masyarakat, khususnya pada keadaan darurat.

"Kita mengetahui bersama, dalam kehidupan manusia itu bisa terjadi bencana. Bencana ada dua, bencana sosial dan bencana alam yang susah kita prediksi, seperti angin ribut, tenggelam di laut," ujar Paulus

Untuk itu, kegiatan ini diadakan dengan tujuan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada TRC, serta meningkatkan semangat, disipilin, dan kinerja pegawai BPBD, agar menjadi pelayan yang baik pada masyarakat yang terdampak bencana.

"Diharapkan pelatihan ini mampu menciptakan kesepakatan untuk memperkuat kelembagaan dan tata laksana penanggulangan bencana, serta dapat mengasah fisik, mental, dan keterampilan anggota, sehingga dalam menjalankan tugas bisa lebih maksimal," ungkap Paulus 

Ia berpesan agar pelatihan yang diberikan dapat bermanfaat bagi TRC, untuk bereaksi lebih cepat dan tepat, bila terjadi bencana sosial ataupun bencana alam.

"Kita berharap tim ini menjadi kekuatan pada situasi yang susah diatasi oleh masyarakat," pungkas Paulus mengakhiri sambutan. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel