-->

Pakistan Imran Khan Tuding Militer Berupaya Hancurkan Partainya


ISLAMABAD, LELEMUKU.COM - Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menuduh militer dan badan intelijennya secara terbuka berusaha menghancurkan partai politiknya. Ia yakin dirinya pada akhirnya akan diadili di pengadilan militer dan dijebloskan ke penjara.

Khan sebelumnya telah mengisyaratkan keterlibatan militer dalam tindakan keras terhadap partainya Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI). Tetapi, komentarnya dalam sebuah wawancara di rumahnya di Lahore pada Sabtu malam, 3 Juni 2023, adalah yang paling blak-blakan.

"Ini benar-benar kemapanan," kata mantan pahlawan kriket itu kepada Reuters, ketika ditanya siapa yang berada di balik tindakan keras tersebut. "Pembentukan jelas berarti pendirian militer, karena mereka sekarang benar-benar terbuka - maksud saya, mereka bahkan tidak tersembunyi sekarang - mereka hanya terbuka."

Seorang juru bicara militer belum menanggapi berita ini. Militer Pakistan yang telah menjalankan negara secara langsung atau tidak langsung selama 75 tahun sejarahnya, dan jarang menghadapi tantangan publik terhadap kekuasaannya seperti yang dialami Khan.

Kebuntuan selama setahun antara Khan, pemimpin paling populer Pakistan menurut jajak pendapat, dan tentara memuncak ketika bangunan dan properti militer dijarah bulan lalu. Aksi itu diduga dilakukan oleh para pendukungnya.

Kerusuhan politik telah meningkatkan ketidakpastian di negara bersenjata nuklir berpenduduk 220 juta jiwa itu, yang juga dilanda gejolak keuangan. Perekonomiannya yang senilai US$350 miliar berjuang untuk mencegah default, mengendalikan rekor inflasi, dan menghadapi mata uang yang anjlok.

Khan menyebut protes kekerasan, yang meletus setelah dia ditangkap sebentar, sebagai "operasi bendera palsu" yang dimaksudkan untuk menargetkannya.

Pihak berwenang telah memulai proses mengadili puluhan orang, termasuk anggota partainya, yang diduga terlibat dalam aksi protes di pengadilan militer --biasanya diperuntukkan bagi anggota dinas atau yang dikategorikan sebagai musuh negara.

"Itulah satu-satunya cara mereka akan menjebloskan saya ke penjara," kata Khan. Ia menambahkan bahwa militer ingin menghentikannya kembali berkuasa dalam pemilihan yang dijadwalkan pada November.

Dia mengatakan sekitar 150 kasus pidana yang diajukan terhadapnya tidak masuk akal dan akan dibuang di pengadilan sipil mana pun.

"Jadi satu-satunya harapan mereka, dan karena mereka bertekad untuk menyingkirkan saya, saya pikir mereka akan melakukannya, seluruh sandiwara pengadilan militer mereka adalah untuk memenjarakan saya," katanya.

"Saya sama sekali tidak ragu bahwa pengadilan militer dimaksudkan untuk saya," kata Khan, yang dibebaskan dengan jaminan.

Amnesty International mengatakan pengadilan militer Pakistan sebelumnya telah mengabaikan proses hukum, kurangnya transparansi, pemaksaan pengakuan dan eksekusi setelah pengadilan yang tidak adil. (Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel