-->

Lomba Cerita Rakyat Tingkat SD/MI di Mimika

Lomba Cerita Rakyat Tingkat SD/MI di Mimika

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Dalam rangka upaya meningkatkan kegemaran membaca khususnya pada kalangan pelajar di Kabupaten Mimika, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika, menggelar Lomba Bercerita Cerita Rakyat Tingkat SD/MI se-Kabupaten Mimika Tahun 2023, berlangsung di Timika, Senin (19/06/2023).

Plh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Mimika, Petrus Lewa Koten, S.H., M.Si., saat menghadiri dan sekaligus membacakan sambutan Bupati Mimika, menyampaikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki generasi penerus yang cerdas, barkarakter dan berakhlak mulia, sebab karakter yang baik dibentuk dari pola pikir pendidikan, baik formal maupun non formal.

" Dan untuk menghasilkan generasi tersebut, maka perlu adanya kerja sama antar tiap sekolah, keluarga maupun pada lingkungan masyarakat," tuturnya.

Lanjutnya, cerita rakyat dipahami sebagai sebuag kisah ataupun cerita yang berasal dari masyarakat yang diperkenalkan dari cerita mulut ke mulut secara turun temurun.

"Sebagai contoh yakni kisah malin kundang dari daerah Sumatera Barat, dan dari cerita itu bisa kita ambil hikmahnya yaitu adik-adik jangan melawan orang tua dan harus menghormati orangtua," jelas Petrus.

Ia menambakan, cerita rakyat juga dapat digunakan sebagai sarana mendidik generasi yang akan datang, agar tumbuh menjadi generasi yang berkarakter dan dapat diandalkan.

"Kami memberikan apresiasi untuk Dinas Perpustakaan dan Arsip yang telah menggelar kegiatan yang bagus ini, mudah-mudahan dari lomba hari ini kita bisa mendengar cerita yang punya makna baik untuk perkembangan karakter anak-anak kita," ungkapnya.

"Nanti dalam penetuan juara pasti ada menang dan kalah, yang kalah tidak boleh bersedih dan harus bangga karena telah mengikuti lomba," ucap Petrus, berikan semangat kepada peserta.

Menutup sambutannya, Petrus juga mengajak para peserta yang juga merupakan Siswa/Siswi tingkat SD/MI se-Kabupaten Mimika ini untuk dapat menggunakan fasilitas perpustakaan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten mimika.

Adapun dalam pelaksanaan lomba bercerita cerita rakyat ini juga hadir tim dewan juri yakni Dominggus Kapiyau, S.Sos., M.Si., Nova Oktavia, S.Pd yang merupakan dewan juri dari Timika, serta Awam Prakoso yang merupakan juri tamu dari Jakarta. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel