-->

Recep Tayyip Erdogan Gagal Raih Suara Mayoritas, Pemilhan Persiden Turki di Lanjutkan Dua Putaran


ANKARA, LELEMUKU.COM - Pemilihan Presiden Turki tampaknya akan berlangsung dua putaran, setelah dua calon kuat gagal mendapat 50 persen lebih suara, Minggu, 14 Mei 2023.

Menurut kantor berita milik negara Anadolu, dengan hampir 91% kotak suara dihitung sampai pukul 05.50 WIB, calon inkumben Tayyip Erdogan memimpin dengan 49,86% dan Kemal Kilicdaroglu meraih 44,38%.

"Tampaknya tidak akan ada pemenang di putaran pertama. Tapi, data kami menunjukkan Kilicdaroglu akan memimpin," kata seorang pejabat senior dari aliansi oposisi.

Pejabat oposisi senior lainnya mengatakan kepada Reuters bahwa partai Erdogan mengajukan keberatan terhadap pemungutan suara, menunda hasil penuh. "Sejauh ini mereka melakukan segala daya mereka untuk menunda proses," katanya.

Di Ankara pendukung kedua belah pihak merayakannya.

Kerumunan di luar markas Partai AK Erdogan mengangkat poster Erdogan saat mereka menyanyikan lagu dan menari.

"Saya telah berada di sini sejak siang untuk merayakan kemenangan kami. Ini adalah hari kami," kata Davut, 25 tahun, mengibarkan bendera Erdogan.

Sekitar seribu orang berkumpul di markas partai CHP Kilicdaroglu, mengibarkan bendera pendiri Turki Mustafa Kemal Ataturk dan memainkan drum.

Jika tidak ada pemenang, pemilu putaran kedua akan digelar pada 28 Mei.

Sementara itu dalam pemilihan anggota parlemen, dengan 89,5% suara dihitung, aliansi Erdogan tampaknya akan menjadi mayoritas dengan 323 kursi di 600 kursi parlemen. Hasil ini membalik sejumlah survei jajak pendapat. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel