-->

PM Qatar Mohammed bin Abdulrahman dan Haibatullah Akhunzada Adakan Pembicaraan Rahasia


KABUL, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdulrahman al-Thani dan pemimpin tertinggi Taliban Haibatullah Akhunzada mengadakan pertemuan rahasia di kota Kandahar, Afghanistan selatan pada 12 Mei 2023. Keduanya dilaporkan membahas penjajakan penghentian ketegangan internasional dan Afghanistan yang saat ini dipimpin kelompok itu.

Pertemuan bulan ini adalah yang pertama yang diketahui oleh publik dilakukan oleh kepala Taliban dengan seorang pemimpin asing. Seorang sumber kepada Reuters, seperti diberitakan pada Rabu, 31 Mei 2023, menyebut Pemerintahan Presiden AS Joe Biden diberi pengarahan tentang pembicaraan itu dan "berkoordinasi tentang semua masalah yang dibahas" oleh keduanya, termasuk melanjutkan dialog dengan Taliban.

Sumber itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan masalah yang diangkat Sheikh Mohammed dengan Haibatullah termasuk perlunya mengakhiri larangan Taliban terhadap pendidikan anak perempuan dan pekerjaan perempuan.

Haibatullah, seorang Islamis garis keras, telah menunjukkan sedikit keinginan untuk berkompromi dengan keputusannya soal pembatasan sekolah dan pekerjaan perempuan. Pertemuannya dengan Sheikh Mohammed, bagaimanapun, menunjukkan bahwa dia terbuka untuk mengeksplorasi jalan untuk mengakhiri isolasi Afghanistan dan meningkatkan program bantuan saat negara itu tenggelam dalam kelaparan dan kemiskinan.

"Itu pertemuan yang sangat positif," kata sumber itu. Haibatullah "sangat tertarik" untuk melanjutkan dialog dengan masyarakat internasional.

Sheikh Mohammed dan Haibatullah juga membahas upaya untuk memperbaiki krisis kemanusiaan Afghanistan, kata sumber itu. PBB mengatakan hampir tiga perempat dari 40 juta penduduk Afghanistan membutuhkan bantuan dan telah memperingatkan bahwa pendanaan mengering.

Sheikh Mohammed, kata sumber itu, mengangkat dengan Haibatullah "upaya lanjutan di lapangan" oleh Taliban pada kontraterorisme, referensi yang jelas untuk dorongan Kabul untuk menghancurkan afiliasi Negara Islam.

Musuh ideologis utama Taliban sebagian besar berbasis di Afghanistan timur tetapi menargetkan minoritas dan kedutaan besar di Kabul. AS dan sekutunya mengatakan Taliban menampung anggota al Qaeda dan Taliban Pakistan. Taliban Afghanistan menyangkal hal itu.

Pertemuan tersebut merupakan keberhasilan diplomatik bagi Qatar, yang telah mengkritik pembatasan perempuan oleh Taliban. Sementara sambil menggunakan hubungan lama dengan gerakan Islam untuk mendorong keterlibatan yang lebih dalam dengan Kabul oleh masyarakat internasional.

Amerika Serikat telah memimpin tuntutan kepada Taliban untuk mengakhiri larangan sekolah anak perempuan dan perempuan bekerja, termasuk untuk badan-badan PBB dan kelompok kemanusiaan. Tujuannya untuk memulihkan kebebasan bergerak mereka dan membawa warga Afghanistan dari luar jajaran Taliban ke dalam pemerintahan.

Komentar sumber itu menunjukkan bahwa Washington mendukung peningkatan pembicaraan tingkat rendah yang tidak produktif dengan harapan terobosan dapat mengakhiri satu-satunya larangan di dunia.

Washington juga upaya ini meredakan krisis kemanusiaan dan keuangan yang mengerikan yang telah menyebabkan puluhan juta warga Afghanistan kelaparan dan menganggur.

Gedung Putih menolak mengomentari pembicaraan tersebut. Departemen Luar Negeri dan kedutaan Qatar di Washington tidak menanggapi permintaan komentar. Sementara Taliban tidak segera menanggapi permintaan komentar. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel