-->

Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Batak Yahukimo (IKBY) Tahun 2023-2026

Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Batak Yahukimo (IKBY) Tahun 2023-2026

DEKAI, LELEMUKU.COM - Pelaksanaan Pelantikan Badan Pengurus Keluarga Ikatan Keluarga Batak di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan Periode Tahun 2023 hingga 2026.


Pelantikan pengurus IKBY bertempat di Gedung Gereja Lama Metanoya Dekai pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Turut hadir ketua PKK Yahukimo, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda), Dandim 1215 Yaukimo, Wakapolres Yahukimo dan para undangan lainnya.


Ketua Ikatan Keluarga Batak Provinsi Papua  Pegunungan memberi sambutan, pengukuhan pengurus dan membacakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADRT).

Dilanjutkan dengan penandatangan Surat Keputusan (SK) pelantikan pengurus baru yang terpilih bersama ketua Ikatan Batak Provinsi Papua Pegunungan.

Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Batak Yahukimo (IKBY) Tahun 2023-2026

Selanjutnya pemberian penghormatan secara budaya suku Batak kepada pimpinan pemerintah dan para undangan yang hadir.


Ketua terpilih, Frans mengatakan anggota IKBY di daerah tersebut tidak banyak, tetap pihaknya selalu siap membantu pemerintah dan masyarakat membangun Yahukimo sesuai Moto Yahukimo 'Rumah kita Bersama'.

"Terima kasih banyak atas bantuan dan kerja sama keluarga Batak yang datang dari kampung maupun yang menikah dengan orang Yahukimo asli dan papua umumnya yang berdomisili disini yang telah mendukung kami dalam acara ini," ucap dia.

Frans mengusullkan tempat atau lokasi pembangunan sekretariat kantor IKBY kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo sehingga menjadi wadah yang jelas dan resmi keberadaannya.

"Siapapun orang batang yang datang ke Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua Pegunungan wajib melaporkan diri ke Pengurus," katanya.

Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Batak Yahukimo (IKBY) Tahun 2023-2026

Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram mengatakan keluarga Batak yang berdomisili di Yahukimo yang bekerja sebagai Pegawai Negeri sipil, yaitu guru, tenaga medis, swasta atau pengusaha sudah banyak membantu pemerintah.


Pemkab Yahukimo pun memberi jaminan keamanan kepada seluruh orang Batak yang berdomisili di Yahukimo.

"Tenaga guru dan medis yang mengabdi di distrik tanpa jaringan internet dan telepon seluler.mereka sangat tabah mendidik dan menjaga kesehatan masyarakat di beberapa distrik di Yahukimo. Sangat luar biasa," sebut dia.



Selanjutnya Wabup Miran memberikan bantuan dana awal kepada pengurus terpilih untuk dikelola dengan baik.

"Terkait lokasi pembangunan sekertariat IKBY yang diusul ketua terpilih dalam sambutannya, prinsipnya kami pemerintah menerima. Tetapi saya sendiri tidak bisa tentukan tempat, harus saya koordinasi dengan bupati," tuturnya. (Olemah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel