-->

Inggris Umumkan Paket Bantuan Militer untuk Ukraina


LONDON, LELEMUKU.COM - Inggris pada Senin (15/5) mengumumkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina sewaktu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tiba dii negara itu guna melakukan pembicaraan dengan PM Rishi Sunak.

Bantuan baru itu mencakup rudal pertahanan udara serta drone serbu jarak jauh.

“Inggris adalah pemimpin dalam hal perluasan kemampuan kami di darat dan di udara,” cuit Zelenskyy sebelum pertemuan. “Kerja sama ini akan berlanjut hari ini. Saya akan bertemu dengan teman saya Rishi. Kami akan melakukan perundingan substantif secara tatap muka dan dengan delegasi.”

kediaman resmi perdana menteri di luar kota London.

“Ini adalah momen penting dalam perlawanan Ukraina terhadap perang yang mengerikan,” kata Sunak dalam sebuah pernyataan.

Persinggahan Zelenskyy di Inggris merupakan yang terbaru dalam serangkaian kunjungan ke mitra-mitra Barat dalam beberapa hari ini yang mencakup pertemuan di Paris, Berlin dan Roma.

Prancis pada Minggu (14/5) malam mengumumkan akan menyediakan tank, kendaraan lapis baja dan pelatihan bagi tentara Ukraina dalam gelombang bantuan militer baru sewaktu Ukraina bersiap melakukan serangan balasan dalam perangnya melawan invasi Rusia.

Kantor Presiden Prancis Emmanuel Macron mengemukakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintahnya akan menyediakan tank ringan dan

kendaraan lapis baja “dalam beberapa pekan mendatang,” sambil berjanji akan memberikan dukungan militer, politik, ekonomi dan kemanusiaan bagi Ukraina “selama diperlukan.”

Prancis juga akan memberikan dukungan bagi pertahanan udara Ukraina serta akan melatih 2.000 tentara Ukraina di Prancis dan hampir 4.000 lainnya di Polandia tahun ini.

“Paris. Dengan setiap kunjungan, kemampuan pertahanan dan ofensif Ukraina meluas,” cuit Zelenskyy. “Hubungan dengan Eropa semakin kuat, dan tekanan terhadap Rusia semakin besar.”

Zelenskyy juga menyatakan harapan bahwa Prancis akan mendukung desakan Ukraina kepada para sekutu untuk memberinya jet-jet tempur. Para pejabat Ukraina telah melobi jet tersebut sebagai kemajuan berikutnya dalam bantuan militer yang diberikan untuk pasukan Ukraina, tetapi sejauh in para pemimpin Barat belum mendukung pengiriman jet-jet yang lebih canggih seperti F-16 buatan AS.

Zelenskyy berkunjung ke Prancis setelah singgah di Jerman dan Italia.

Jerman mengumumkan paket bantuan $3 miliar untuk Ukraina, bantuan terbesarnya sejak Rusia meluncurkan invasi besar-besarannya pada Februari 2022. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel