-->

China akan Kirim Warga Sipil Pertamanya ke Luar Angkasa


BEIJING, LELEMUKU.COM - China akan mengirim astronaut sipil pertamanya ke luar angkasa sebagai bagian dari misi berawak ke stasiun luar angkasa Tiangong pada Selasa (30/5), menurut pengumuman Badan Antariksa Berawaknya, seiring upaya Beijing mendorong ambisi ekstra-terestrialnya.

Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia itu telah menginvestasikan miliaran dolar ke dalam program luar angkasanya yang dioperasikan oleh pihak militer, untuk mencoba mengejar ketertinggalan dari AS dan Rusia setelah bertahun-tahun terlambat menyamai pencapaian kedua negara tersebut.

Hingga kini, semua astronaut China yang dikirim ke luar angkasa merupakan anggota Tentara Pembebasan Rakyat China.

“Pakar muatan Gui Haichao adalah seorang dosen di Universitas Aeronautika dan Astronautika Beijing,” kata Juru Bicara Badan Antarika Berawak China Lin Xiqiang kepada wartawan pada Senin (29/5), saat mengenalkan Gui sebagai warga sipil China pertama yang akan dikirim ke luar angkasa.

Gui akan “bertanggung jawab terutama untuk operasi muatan eksperimen ilmu antariksa di orbit,” kata Lin.

Komandan pada misi itu adalah Jing Haipeng, yang sudah menjalani tiga misi luar angkasa sebelumnya, menurut media pemerintah. Sementara awak ketiga adalah teknisi Zhu Yangzhu.

Mereka rencananya akan meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut pada Selasa jam 9.31 pagi waktu setempat, kata badan tersebut.

Pihak kampus Gui, yang dikenal dengan nama Beihang University dalam bahasa Inggris, mengatakan bahwa ia berasal dari “keluarga biasa” di provinsi Yunnan.

Ia “pertama kali merasakan daya tarik dunia kedirgantaraan” saat mendengarkan berita mengenai orang China pertama di luar angkasa, Yang Liwei, di radio kampus pada 2003, kata pihak universitas dalam sebuah unggahan di media sosial. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel