-->

Beijing Kirim Misi Shenzhou-16 ke Stasiun Luar Angkasa China


BEIJING, LELEMUKU.COM - Cina mengirim tiga astronot ke stasiun ruang angkasa yang sekarang beroperasi penuh sebagai bagian dari rotasi awak. Ini disebut sebagai misi berawak kelima ke stasiun luar angkasa Cina sejak 2021.

Pesawat ruang angkasa, Shenzhou-16, atau "Divine Vessel", dan tiga penumpangnya lepas landas di atas roket Long March-2F dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi di Cina barat laut pada Selasa, 30 Mei 2023, pukul 9.31 pagi waktu setempat.

Para astronot di Shenzhou-16 akan menggantikan tiga awak Shenzhou-15 yang tiba di stasiun luar angkasa pada akhir November.

Stasiun yang terdiri dari tiga modul, selesai pada akhir tahun lalu setelah 11 misi awak dan tanpa awak sejak April 2021, dimulai dengan peluncuran modul pertama dan terbesar - tempat tinggal utama stasiun.

Cina telah mengumumkan rencana untuk memperluas pos luar angkasa yang dihuni secara permanen, dengan modul berikutnya dijadwalkan berlabuh dengan stasiun luar angkasa berbentuk T saat ini untuk membuat struktur berbentuk salib.

Yang memimpin misi Shenzhou-16 adalah Jing Haipeng, 56 tahun, seorang pilot pesawat ruang angkasa senior dari angkatan pertama peserta pelatihan astronot Cina pada akhir 1990-an. Dia telah melakukan perjalanan ke luar angkasa tiga kali sebelumnya, termasuk dua perjalanan sebagai komandan misi.

Jing terbang bersama Zhu Yangzhu dan Gui Haichao. Keduanya berusia 36 tahun dan bagian dari astronot gelombang ketiga Cina. Misi tersebut adalah penerbangan luar angkasa pertama Zhu dan Gui.

Zhu, mantan profesor universitas militer, akan bertugas sebagai insinyur penerbangan luar angkasa. Sementara Gui, seorang profesor di Universitas Beihang, akan berfungsi sebagai spesialis muatan dalam misi tersebut, mengelola eksperimen sains di stasiun luar angkasa.

Beijing diperkirakan akan meluncurkan satu lagi misi berawak ke pos terdepan yang mengorbit tahun ini. Juga pada akhir 2023, Cina akan meluncurkan teleskop ruang angkasa seukuran bus besar.

Dikenal sebagai Xuntian, atau "Surveying the Heavens" dalam bahasa Cina, teleskop orbit ini memiliki bidang pandang 350 kali lebih luas daripada Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang diluncurkan 33 tahun lalu. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel