-->

Anwar Ibrahim Tegaskan Pemerintahan Stabil di Tengah Isu Penggulingan


KUALA, LUMPUR, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menekankan bahwa pemerintahan persatuannya stabil menyusul isu penggulingan yang mencuat belakangan ini. Dia menyatakan berkomitmen pada agenda anti-korupsi walau ada sejumlah petinggi administrasinya yang terjerat dakwaan rasuah.

“Tidak ada tanda keretakan.. Ini aneh, tapi oposisi mau bikin apa lagi. Dia (oposisi) hanya mencuatkan (isu). Raja dan para sultan mengatakan (mereka) tidak punya etika. Jawaban saya lain. Jangan repot-repot bising-bising. Bawa usulan ke parlemen, ” kata Anwar dalam wawancara khusus dengan Tempo pada Selasa, 9 Mei 2023, di sela KTT ASEAN, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

“Saya tidak seperti mantan perdana menteri dulu, yang menggantung parlemen, menerapkan keadaan darurat. Saya bilang, kalau Anda membawa usul, saya akan pastikan itu dibahas dan diundi (di-voting). Kan begitu caranya dalam negara demokratis,” ujarnya menambahkan.

Baru-baru ini, portal berita The Vibes melaporkan bahwa ada rencana untuk mencopot Anwar dari posisinya melalui pemilihan sela di antara anggota parlemen Barisan Nasional yang tidak mendukungnya.

Menurut laporan itu, beberapa anggota parlemen BN dirayu dan dibujuk untuk mundur dari partainya dan mengorbankan kursinya. Anggota parlemen kemudian dikabarkan akan mencalonkan diri kembali di bawah bendera oposisi Perikatan Nasional.

Pemerintahan Anwar menggelar Konvensi Nasional Pemerintah Persatuan di Dewan Merdeka, World Trade Center, Kuala Lumpur pada Minggu, 14 Mei 2023. Dalam pidatonya, perdana menteri menekankan solidnya pemerintahannya.

Sebelum gelaran kemarin, Anwar kepada Tempo sebelumnya mengatakan, pada Minggu lalu dia rapat (bersama) pemimpin koalisi. Pada Selasa lalu, koalisinya juga mengadakan konvensi dengan 148 anggota parlemen.

“Pemerintahan ini tidak hanya stabil tetapi juga akan tetap utuh hingga pemilihan umum berikutnya,” kata Anwar dalam pidato perdananya di konvensi yang dihadiri lebih dari 3.500 delegasi itu.

“Pemerintah persatuan itu kuat; biarkan mereka yang melamun terus melakukannya. Pemerintah persatuan cukup kuat untuk memenuhi janjinya kepada rakyat,” tambahnya.

Anwar juga berterima kasih dan memberi hormat kepada semua orang di pemerintahan persatuan karena mengesampingkan kemarahan dan perbedaan satu sama lain demi kebaikan bersama.

Dia juga memuji Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi dan partainya yang mendukung pemerintah persatuan, meski menghadapi kritik dari banyak pihak.

“Kalau bukan karena komitmen Zahid sebagai presiden UMNO dan dukungan anggota parlemen Umno, sejarah kita hari ini akan berbeda. Jadi, kita harus menghargai perannya dan UMNO," kata Anwar.

Komitmen Anti-Korupsi

Anwar dilantik sebagai perdana menteri pada 24 November tahun lalu setelah Pemilihan Umum gagal menghasilkan pemenang yang jelas dan mengakibatkan parlemen menggantung sampai akhirnya menggandeng BN – yang salah satu partai pentingnya adalah UMNO.  

Dia memimpin pemerintahan persatuan yang terdiri dari PH, koalisi yang berkuasa sebelumnya Barisan Nasional, Gabungan Parti Sarawak (GPS), Gabungan Rakyat Sabah (GRS) dan Parti Warisan (Warisan).

Ahmad Zahid menghadapi dakwaan korupsi di pengadilan. Zahid, yang saat ini menjabat sebagai wakil perdana menteri, menghadapi 47 tuntutan pidana dalam kasus yang berkaitan dengan dugaan penyelewengan dana 52,25 juta ringgit atau sekitar Rp 184 miliar dari yayasan milik keluarganya.

Lembaga itu didirikan untuk membantu orang yang kurang beruntung secara ekonomi. Dalam persidangan, Zahid dituduh menggunakan dana tersebut untuk melakukan pembayaran kartu kredit dan mobil.

Kepada Tempo, Anwar mengatakan ia menjamin Komisi Anti-Korupsi Malaysia (SPRM) bertindak independen dan tanpa pandang bulu. Pimpinan UMNO dalam perundingan (pembentukan) koalisi itu sepenuhnya setuju dan tidak ada protes dari mereka setelah enam bulan pemerintahan berjalan.

“Ada yang menuding SPRM hanya menindak oposisi. Itu tidak benar. Beberapa langkah sudah diambil terhadap partai lain, termasuk partai di dalam Pakatan Harapan sendiri,” kata Anwar, menegaskan komitmennya memberantas korupsi.

Sebelumnya, Ahmad Zahid mengatakan, kerja sama PH dan BN bisa bertahan hingga pemilu mendatang jika menerapkan kebijakan yang baik untuk kemaslahatan umat dan bangsa.

“Saya yakin jika kita semua mendukung Anwar, pemerintahan ini akan bertahan setelah pemilihan umum ke-16. Mungkin di sisi lain ada yang tidak suka dengan pemerintahan ini, tapi masyarakat menginginkan pemerintah persatuan terus maju,” ujar Ahmad Zahid. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel