-->

Volodymyr Zelenskyy Minta Meksiko Bantu Selenggarakan Pertemuan Puncak dengan Amerika Latin


KYIV, LELEMUKU.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta dukungan Meksiko pada Kamis (20/4) untuk menyelenggarakan pertemuan puncak dengan negara-negara Amerika Latin guna membantu mengakhiri invasi Rusia, dalam sebuah pesan kepada anggota parlemen Meksiko.

“Ukraina telah mengusulkan kepada komunitas Amerika Latin untuk menyelenggarakan pertemuan puncak khusus dan menunjukkan persatuan dan posisinya pada prinsip-prinsip global yang penting dari integritas teritorial, perdamaian dan rasa hormat antar bangsa,” kata Zelenskyy melalui seorang penerjemah.

Meksiko dapat membantu mewujudkannya lebih cepat, katanya dalam pidato video, di mana dia mengecam invasi Rusia ke negaranya.

Seruan itu menyusul perselisihan atas komentar Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva, yang mengatakan di China pekan lalu bahwa Washington harus berhenti “mendorong” perang, dan bahwa Amerika Serikat dan Uni Eropa “perlu mulai berbicara tentang perdamaian.”

Lula juga membuat marah Ukraina dengan mengatakan bahwa mereka berbagi kesalahan atas konflik tersebut dan menyarankan agar mereka setuju untuk menyerahkan semenanjung Krimea, yang dianeksasi secara paksa oleh Rusia pada tahun 2014 sebagai pendahuluan dari invasi ke Ukraina tahun lalu.

Zelenskyy berpidato di majelis rendah Kongres Meksiko atas undangan legislator yang tergabung dalam kelompok persahabatan Meksiko-Ukraina, sebagian di antaranya mengunjungi ibu kota Ukraina pada tahun lalu. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel