-->

Pengadilan Rusia Kembali Denda Wikipedia Soal Perang di Ukraina


MOSKOW, LELEMUKU.COM - Sebuah pengadilan Rusia hari Kamis mendenda Wikimedia Foundation, pemilik Wikipedia, dua juta rubel ($24.510 atau sekitar Rp36 juta) karena tidak menghapus apa yang disebutnya “konten terlarang” yang terkait dengan militer Rusia, lapor kantor berita Interfax.

Kantor berita itu mengatakan bahwa itu adalah denda ketujuh terhadap Wikimedia sepanjang 2023 karena tidak menyingkirkan informasi terlarang. Denda itu kini jumlahnya mencapai 8,4 juta rubel.

Denda terbaru itu dikenakan karena Wikipedia tidak menghapus artikel mengenai sebuah unit militer yang memuat “informasi militer rahasia” mengenai lokasi, komposisi dan peralatannya, termasuk informasi yang berkaitan dengan kemajuan apa yang disebut Rusia sebagai operasi militer khususnya di Ukraina.

Wikipedia tidak segera menanggapi permintaan komentar. Sebelumnya Wikipedia menyatakan informasi yang dikeluhkan oleh otoritas Rusia itu berasal dari sumber yang baik dan diperoleh sejalan dengan standar Wikipedia.

Wikipedia adalah satu dari sedikit sumber independen yang masih bertahan di Rusia sejak tindakan keras negara terhadap konten daring meningkat setelah Moskow menginvasi Ukraina tahun lalu.

“Kami belum memblokir Wikipedia, belum ada rencana semacam itu sekarang ini,” kata Interfax mengutip menteri urusan digital Maksut Shadaev pekan lalu.(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel