-->

Menlu Turki dan Suriah Bahas Pemulihan Hubungan di Rusia


MOSKOW, LELEMUKU.COM - Rusia akan menjadi tuan rumah pembicaraan pemulihan hubungan antara pemerintah Turki dan Suriah. Sebuah pertemuan akan digelar Menteri Luar Negeri Rusia dengan mengundang timpalannya dari Turki, Suriah, dan Iran pada Mei mendatang, kata menteri luar negeri Turki pada Senin, 10 April 2023.

Turki, yang merupakan anggota aliansi NATO, selama ini menjadi pendukung utama oposisi politik dan bersenjata terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang saudara 12 tahun. Turki juga mengirim pasukan ke wilayah utara Suriah.

“Pertemuan kemungkinan besar akan berlangsung pada awal Mei, di Moskow,” kata Menlu Turki Mevlut Cavusolu kepada stasiun televisi A Haber, dan menambahkan pertemuan itu diikuti diplonat tingkat atas.

Menteri Pertahanan Suriah dan Turki sebelumnya mengadakan pembicaraan di Moskow pada bulan Desember dalam pertemuan tingkat tertinggi sejak perang dimulai.

Moskow adalah sekutu utama Assad dan Rusia telah mendorong rekonsiliasi dengan Ankara. Tetapi Damaskus menuntut penarikan penuh pasukan Turki agar hubungan dapat dipulihkan.

Perundingan damai Turki dan Suriah ini akan semakin mengubah peta konflik di Timur Tengah, setelah Arab Saudi dan Iran meneken perjanjian dan membuka hubungan diplomatik dengan mediasi China.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel