-->

Gempa Bumi Tektonik M3.2 Dirasakan di Sentani


Gempa Bumi Tektonik M3.2 Dirasakan di Sentani

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Yustus Rumakiek, S.Si.mengatakan kejadian dan parameter gempa bumi pada Minggu, 2 April 2023, pukul 20:05:56 WIT di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua diguncang gempa bumi tektonik.


"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter kekuatan M3.2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.47° LS dan 140.43° BT, pada jarak 13 km TimurLaut KAB-JAYAPURA-PAPUA. Berlokasi di darat dengan kedalaman 12 km," ungkap dia.

Rumakiek memyatakan jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Jayapura.

Gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Sentani dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).


"Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 April 2023 pukul 18:50:26 WIT hingga pukul 20:30 WIT telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Sentani (Kabupaten Jayapura) sebanyak 4 kali dengan 2 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat," kata dia.

Rumakiek mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbau dia. (BMKG Papua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel