-->

40 Ribu Penumpang Arus Balik Mulai Padati Stasiun Pasar Senen dan Gambir


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Puluhan ribu penumpang kereta api arus balik Lebaran mulai tiba di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir pada hari ini. Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, jumlah penumpang yang tiba hari ini meningkat dua kali lipat dari masa normal.

"Angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini terdapat sekitar 40 ribu pengguna yang tiba," kata Eva dalam keterangannya, Senin, 24 April 2023.

Meski arus balik Lebaran telah terjadi, banyak penumpang yang baru mudik pada awal pekan ini. Okupansi penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir masih di angka 90 persen.

Hari ini tercatat sekira 23.400 penumpang berangkat dari Pasar Senen dengan layanan 32 kereta api berbagai tujuan.

Sedangkan Stasiun Gambir mencapai 14.600 penumpang dengan layanan 38 kereta api.

Total jadwal keberangkatan selama masa angkutan Lebaran dari 12 sampai 24 April 2023 sekitar 483 ribu penumpang.

"Puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada 18 sampai dengan 22 April 2023," katanya.

Berdasarkan data pada Minggu, 23 April 2023, sekitar 628 ribu tiket keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen sudah terjual. Mayoritas pemesanan untuk tanggal favorit, yaitu tanggal 14 sampai dengan 23 April 2023.Tiket yang terjual untuk tanggal tersebut juga sudah mencapai keterisian 90 hingga 100 persen.

Kota tujuan yang menjadi pilihan favorit penumpang KA pada masa libur Lebaran ini adalah Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung. "Volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19, 20, 21 dan 22 April 2023, di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk mencapai 100 persen," tutur Eva. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel