-->

Polres Tolikara Laksanakan Penyelesaian dan Pelaksanaan Denda Adat


KARUBAGA, LELEMUKU.COM - Bertempat di Lapangan Merah Putih, Distrik Karubaga, Kasat Binmas Polres Tolikara Ipda Agustinus Kubia, S.E beserta anggota lakukan upaya Penyelesaian Masalah atas pelemparan batu hingga mengakibatkan adanya korban jiwa pada bulan Desember lalu di Distrik Lianogoma. Rabu (22/03).

Turut hadir Ketua LMA Tolikara Wati Kogoya, Kepala Suku Bogum Tolikara Emas Bogum, Kepala Suku Besar Thyiur Wandik, Lurah Kota Karubaga Makin Jikwa,Camat Distrik Konda Karmin Kogoya, Camat Karubaga Esap Bogum, S.IP beserta Anggota Satuan Binmas Polres Tolikara dan Keluarga Korban (GW) Maupun Keluarga Pelaku (DK)

Kapolres Tolikara Kompol Achmad Fauzan, S.Ag melalui Kasat Binmas Ipda Agustinus Kubia, S.E saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa pelaksanaan penyelesaian masalah dan denda adat ini merupakan buntut dari atas meninggalnya GW (Korban) dikarenakan terkena lemparan batu oleh DK (Pelaku) yang terjadi pada Bulan Desember 2022 di Distrik Lianogoma sehingga dihari ini pihaknya hadir sebagai mediator bersama parah tokoh masyarakat yang hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Kami hadir saat ini untuk menjadi penengah untuk menyelesaikan masalah tersebut, kami pun berterima kasih kepada kedua belah pihak yang hadir baik-baik disini untuk bersama kita cari jalan keluar untuk kebaikan bersama.” Ujar Ipda Agustinus Kubia, S.E.

Ia menambahkan dalam hal ini juga turut dilakukan pembayaran denda adat dari keluarga pelaku (DK) kepada Keluarga Korban (GW) sebanyak 40 Ekor Babi, Uang Tunai Rp. 61.000.000., 12 Ekor Ayam, 28 Buah Noken dan disaksikan langsung penyerahannya oleh perwakilan keluarga dan para tokoh masyarakat dan tokoh adat yang hadir.

“Atas hal yang telah disepakati bersama, Harapan kami atas selesainya permasalahan tersebut agar terciptanya kedamaian diantara kedua keluarga tersebut, tidak ada lagi masalah lainnya yang muncul dikemudian hari. Hal ini juga demi menjamin situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Tolikara ini.” Tutup Kasat Binmas Polres Tolikara.(HumasPoldaPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel