-->

PM Australia Antony Albanese akan Kunjungi AS


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - PM Australia Anthony Albanese dalam waktu dekat akan bepergian ke AS untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden, di tengah-tengah laporan bahwa kedua pemimpin akan mengungkapkan rincian perjanjian pertahanan trilateral antara Australia, Inggris dan AS yang pertama kali diumumkan pada tahun 2021.

PM Albanese mengatakan kepada wartawan pada Rabu (8/3) sebelum bertolak ke India bahwa ia akan menuju AS setelah lawatan tiga harinya ke negara di Asia Selatan itu. Tetapi ia tidak mengukuhkan laporan di The Sydney Morning Herald bahwa ia, Biden dan PM Inggris Rishi Sunak akan bertemu di San Diego pada Senin mendatang untuk mengungkapkan rincian perjanjian.

Kemitraan baru yang dikenal dengan singkatan AUKUS itu akan memungkinkan ketiga negara tersebut berbagi informasi dan keahlian dengan lebih mudah dalam bidang-bidang teknologi penting seperti kecerdasan buatan, teknologi siber, teknologi kuantum, sistem bawah air dan kemampuan serangan jarak jauh. Perjanjian itu juga mencakup pembuatan armada kapal selam bertenaga nuklir untuk Australia.

Para analis mengatakan perjanjian trilateral itu merupakan upaya sekutu-sekutu Barat tersebut untuk melemahkan kehadiran militer China yang kian agresif di kawasan Pasifik.

China telah mengecam perjanjian tersebut, mengatakan perjanjian itu akan secara serius merusak “perdamaian dan stabilitas regional.”

Perjanjian itu juga membuat marah Prancis, yang memiliki kesepakatan untuk menjual selusin kapal selama bertenaga listrik dan diesel kepada Australia seharga hingga $66 miliar. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel