-->

Paulus Dumais Buka Diklat PKB Dasar dan Orientasi Dasar LLAJ di Mimika

Paulus Dumais Buka Diklat PKB Dasar dan Orientasi Dasar LLAJ di Mimika

MIMIKA, LELEMUKU.COM  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dasar Angkatan II dan Orientasi Dasar Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Angkatan I, berlangsung di Timika, Kamis, 2 Maret 2023.

Dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Paulus Dumais, S.Pd.,M.M., didampingi oleh Plh Kepala Dishub Mimika, Nella Manggara, S.E., M.Si., serta dihadiri pula oleh pimpinan atau perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD): Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Darwis, S.Sos,M.M.; Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang dan Forkopimda.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah terus melakukan upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang transportasi.

“Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang transportasi, agar mampu meningkatkan pelayanan prima kepada pengguna jasa transportasi, baik darat, laut maupun udara. Ini dibuktikan pemerintah dengan adanya program diklat bidang transportasi di tahun 2023," kata Paulus

Ia menambahkan, Pemkab Mimika, dalam hal ini Dishub, melaksanakan kerjasama dengan Balai Diklat Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali untuk menyelenggarakan Diklat PKB Dasar angkatan II dan Orientasi Dasar LLAJ angkatan I, mulai tanggal 2 Maret 2023, dengan peserta sebanyak 60 orang yang berasal dari pegawai dalam lingkungan Dishub Mimika.

“Poltrada Bali ini merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang bertanggungjawab langsung pada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan. Poltrada Bali memiliki tugas melaksanakan diklat teknis fungsional dan manajemen di bidang lalu lintas angkutan jalan perhubungan darat," ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Paulus berpesan agar para peserta diklat dapat mengikuti kegiatan dengan disiplin dan semangat yang tinggi.

“Besar harapan saya kepada seluruh peserta diklat untuk mengikuti kegiatan dengan disiplin dan memiliki semangat yang tinggi,  sehingga dapat membantu memberikan pelayanan transportasi, baik sebagai petugas PKB dan petugas pelayanan di bidang transportasi darat, akan makin meningkat perannya dengan bekal yang diperoleh dalam diklat ini," harapnya.

Dijelaskan, khusus untuk kegiatan diklat PKB dasar angkatan II, memiliki kurikulum sebanyak 150 jam pembelajaran, yang dilaksanakan selama sembilan belas hari. Sementara untuk diklat orientasi dasar LLAJ angkatan I, memiliki kurikulum sebanyak 100 jam pembelajaran, yang dilaksanakan selama dua belas hari, dengan metode pelaksanaan meliputi teori, praktek dan uji kompetensi.

Narasumber pada kegiatan diklat berasal dari Poltrada Bali, yaitu Gilang Rupaka, selaku Dosen Program Studi Managemen Logistik. (DiskominfoMimika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel