-->

Hendriette Tandiyono Resmikan Tempat Usaha Kopi Amungme Kamoro (Amuro) Dukung UMKM di Mimika

Hendriette Tandiyono Resmikan Tempat Usaha Kopi Amungme Kamoro (Amuro) Dukung UMKM di Mimika

MIMIKA, LELEMUKU.COM - Plt Bupati Mimika yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Hendriette Tandiyono, S.E., M.M., menghadiri Grand Opening Kopi Amungme Kamoro (Amuro), yang belangsung di Rumah Kopi Amuro Jalan Cendrawasih SP 2, Kamis, 2 Maret 2023.

Kopi Amuro dibawah binaan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika ini diharapkan mampu membangkitkan pelaku UMKM di Mimika.

Asisten III Bidang Administrasi Umum, Hendriette Tandiyono, S.E., M.M., saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa saat ini kopi merupakan komoditi yang banyak peminatnya bahkan dari berbagai usia.

"Dengan dilaksanakannya Grand Opening Kopi Amuro yang merupakan singkatan dari Kopi Amungme Kamoro ini menjadikan suatu hal bagi kemajuan para pengusaha UMKM di Kabupaten Mimika," ucap Hendriette.

Ia berharap, semoga kedepannya Kopi Amuro bisa berkembang dan dapat menjawab kebutuhan pasar dengan tidak hanya dikenal di Timika saja namun bisa keluar Timika bahkan hingga ke luar negeri.

Asisten III juga mengajak pelaku UMKM dibidang kopi untuk selalu berinovasi dalam mencari peluang dalam hal memasarkan produknya.

"Mari kita coba untuk bekerjasama dan juga berkolaborasi dengan pihak lain, seperti PT. Freeport juga pelaku UMKM dibawah Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) agar kopi ini bisa terus maju dan berkembang," harapnya.

Menutup sambutannya, Asisten III mengapresiasi atas langkah yang dilakukan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan dan staf yang telah berinovasi dalam mendorong usaha UMKM pada bidang Holtikultura yang diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mimika.

Sementara itu, pada sela-sela Grand Opening Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Alice Irene Wanma, S.K.M., juga menjelaskan perihal tanaman kopi di Mimika.

"Untuk diketahui bahwa penanaman kopi yang berada pada lahan seluas 201,5 Hektar ini hingga tahun 2023 telah ditanami sebanyak 2 jenis kopi  yakni kopi robusta dan arabika, untuk jenis robusta ditanam pada daerah dengan dataran rendah di 9 Distrik dan 18 Kampung sedangkan untuk jeni arabika ditanam pada dataran tinggi di 4 Distrik dan 14 Kampung," jelas Alice.

Ia mengatakan, dalam budi daya penanaman kopi ini Pemkab Mimika tidak hanya berjalan sendiri namun juga melakukan kerja sama dengan PT. Freeport melalui Departemen Social & Local Development (SLD) pada Bidang Perkebunan melalui pendampingan teknis penyedia benih unggul, penanaman pasca panen, serta pengawasan usaha budi daya kopi robusta dan arabika pada dataran tinggi dam dataran rendah di Mimika.

"Dengan Grand Opening Rumah Kopi Amuro "Ada Untuk Mimika" nantinya dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat pecinta Kopi Amuro di Kabupaten Mimika," tutupnya. (DiskominfoMimika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel