-->

Yustus Rumakiek Ajak Masyarakat Jayapura Jangan Termakan Hoax

Yustus Rumakiek Ajak Masyarakat Jayapura Jangan Termakan Hoax

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Yustus Rumakiek, S.Si menyatakan telah beredar di masyarakat terkait adanya informasi simpang siur dan tidak benar (hoax) di wilayah Jayapura seperti yang tercantum pada gambar pasca gempa M5,4 pada Kamis, 9 Februari 2023.


"BMKG memberikan pernyataan bahwa informasi yang beredar tersebut TIDAK BENAR dan BMKG TIDAK PERNAH memberikan pernyataan tersebut," ungkap dia dalam rilis pada Jumat, 10 Februari 2023.

Menurut Rumakiek, informasi tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

BMKG menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu untuk memprediksi parameter gempa bumi seperti lokasi, waktu, kedalaman dan magnitudo gempa bumi.

Ia pu mengimbau masyarakat tetap tenang serta waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa bumi susulan, pastikan kondisi bangunan tempat tinggal kuat dan tahan gempa.

Hindari beraktivitas di sekitar bangunan-bangunan yang sudah rusak atau terlihat retakan akibat gempa bumi, pastikan jalur evakuasi dari dalam rumah ke luar rumah tidak terdapat penghalang yang dapat mempersulit evakuasi saat terjadi gempa bumi.

Selanjutnya, membuat rencana kedaruratan untuk level keluarga (Menyiapkan tas siaga bencana yang berisi dokumen penting, obat-obatan, pakaian secukupnya serta makanan instant), masyarakat yang tinggal di daerah lereng-lereng mewaspadai kemungkinan longsor yang terjadi akibat dari gempabumi.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui Ikuti kanal media sosial Balai Besar MKG Wilayah V melalui Instagram/Twitter @InfoBMKGPapua," ajak Rumakiek. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel