-->

Kyrylo Budanov akan Ganti Oleksii Reznikov Sebagai Menteri Pertahanan


KYIV, LELEMUKU.COM - Ukraina akan mengganti Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov dengan kepala badan mata-mata militer, kata seorang sekutu dekat Presiden Volodymyr Zelensky, Minggu, 5 Februari 2023, dalam sebuah reshuffle di masa perang.

Reznikov akan dipindahtugaskan ke kementerian lain dan digantikan oleh Kyrylo Budanov, kepala badan intelijen militer GUR, kata David Arakhamia, seorang legislator senior dan Kepala Layanan Rakyat blok parlemen.

Baca Juga: Putin Janji Tak Akan Bunuh Zelensky Meski Rusia Ukraina Perang

"Perang mendikte perubahan-perubahan dalam kebijakan personel,” kata Arakhamia lewat aplikasi pesan Telegram.

Ia mengatakan bahwa selama perang, lembaga-lembaga yang memimpin “pasukan-pasukan” – seperti kementerian pertahanan – seharusnya tidak dikepalai oleh politikus, tetapi orang-orang dengan latar belakang pertahanan atau keamanan.

Belum ada komentar dari Reznikov, seorang mantan pengacara yang menjadi menteri pertahanan pada November 2021, beberapa bulan sebelum Rusia meluncurkan invasi berskala penuh pada 24 Februari 2022. Arakhamia tidak mengatakan kapan langkah ini akan diformalisasikan.

Perombakan yang akan segera terjadi juga dilaporkan oleh beberapa media Ukraina mengutip sumber serta anggota parlemen lainnya, Yaroslav Zheleznyak, yang menulis di Telegram.

Budanov, 37, adalah seorang agen intelijen yang penuh teka-teki. Perannya dalam operasi-operasi rahasia membuatnya naik pangkat secara cepat menjadi Kepala Direktorat Intelijen Ukraina. Arakhamia mengatakan Reznikov akan menjadi menteri industri-industri strategis.

Keluarnya dia dari kementerian pertahanan akan menjadi perubahan pemerintahan yang paling disorot dalam serangkaian pengunduran diri dan pemecatan menyusul sebuah skandal korupsi akhir bulan lalu.

Perubahan ini terjadi bertepatan dengan kekhawatiran Ukraina bahwa Rusia sedang merencanakan serangan baru yang besar bulan ini. Ukraina sedang merencanakan serangan kontranya sendiri tetapi menunggu pasokan tank-tank tempur dan kendaraan-kendaraan perang infantri dari Barat.

Pengawas Bantuan Militer

Ditanya sebelumnya dalam sebuah jumpa pers tentang laporan media mengenai kemungkinan dirinya hengkang dari kementerian itu, Reznikov mengatakan kepada wartawan bahwa keputusan apa pun terserah pada Zelensky.

Sebagai Menteri pertahanan di masa perang, Reznikov, 56, membangun hubungan dengan para pejabat pertahanan Barat dan membantu mengawasi penerimaan dana miliaran dolar untuk membantu Kiev menangkis invasi Rusia.

Reznikov memilih integrasi “de facto” Ukraina ke dalam aliansi militer NATO sebagai prioritas utama, bahkan sekalipun bergabung dengan blok itu tidak segera dimungkinkan secara de jure.

Selama masa jabatannya sebagai menteri pertahanan, ia berbicara keras tentang korupsi di masa perang, yang ia katakan mirip “perampokan”. Tetapi, di minggu-minggu terakhir kementerian pertahanannya sendiri terlibat dalam skandal korupsi atas kontrak makanan tentara yang dianggap membayar dengan harga tinggi. Ini menyebabkan kemarahan rakyat.

Salah satu wakil menterinya telah dipecat, dan dua pejabat senior lain telah meninggalkan posisi mereka. Skandal tersebut mendorong Zelensky untuk memulai perombakan besar-besaran yang menyebabkan keluarnya sejumlah gubernur regional, wakil-wakil menteri dan pejabat-pejabat lain.

Reznikov menggelar sebuah konferensi pers, Minggu sore. Dalam acara itu, ia mengatakan Ukraina memperkirakan sebuah serangan besar-besaran Rusia bulan ini, tetapi bahwa Kiev telah memiliki sumber daya untuk menahan mereka di teluk. Ia juga mengatakan departemen anti-korupsi kementeriannya perlu dirombak dan bahwa mereka tidak mengerjakan apa yang seharusnya mereka kerjakan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel