-->

Inilah 5 Provinsi Penghasil Emas Terbesar di Indonesia


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Salah satu yang menjadi kebanggaan negara ini adalah tambang emas. Dilansir dari laman gold.org, Indonesia menjadi negara penghasil emas terbesar ke-9 di dunia.

Bahkan berdasarkan laporan Ditjen Minerba Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), pada tahun 2019 Indonesia petnah menghasilkan 109 ton emas. Dan di tahun 2021,menghasilkan sekitar 117,5 ton emas.

Lalu, provinsi mana saja yang menjadi sumber emas di Indonesia? Berikut 5 provinsi Indonesia yang menghasilkan emas terbesar:

1. Provinsi Papua Tengah

Tempat di kabupaten Mimika, Papua merupakan daerah pertambangan emas terbesar di Indonesia. Tambang emas tersebut dikelola oleh PT Freeport, di mana mereka menghasilkan sekitar 240 kilogram emas setiap harinya. Bahkan terdapat sebanyak 1.76 jita ton cadangan cadangan emas di tanah tersebut.

2. Provinsi Nusa Tenggara Barat

Tepatnya di tanah Sumbawa terdapat pertambangan Batu Hijau dan menjadi daerah penghasil emas terbesar kedua di Indonesia. Terdapat 2.77 juta ons emas mentah di sana.

3. Provinsi Maluku Utara

Gosowong menjadi daerah penghasil emas terbesar ketiga di Indonesia. Tepatnya di Halmahera Utara, Maluku Utara. Dikelola oleh PT Nusa Halmahera Minerals dan diketahui bahwa ada sekitar 26,9 ton cadangan emas di sana.

4. Provinsi Kalimantan Tengah

Di Provinsi Kalimantan Tengah tepatnya di Desa Pujon, menjadi salah satu pertambangan emas terbesar di Indonesia. Bahkan disana banyak disebut-sebut sebagai desa emas karena memiliki bijih emas yang melimpah.

5. Provinsi Jawa Timur

Tepatnya di Tujuh Bukit, Banyuwangi menjadi salah satu kota penghasil emas terbesar di Indonesia. Diperkirakan di sana terdapat sekitar 28 juta ons cadangan emas di sana, dari total cadangan mineral sebanyak 1.9 ton. (Fani Ramadhani|Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel