-->

Gempa Bumi M5,4 Akibatkan Kerusakan Bangunan di Kota Jayapura

Gempa Bumi M5,4 Akibatkan Banyak Kerusakan Bangunan di Kota Jayapura


JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, S.Si., M.Si mengatakan Kejadian dan Parameter Gempabumi pada Kamis, 9 Februari 2023 pukul 15.28.02 WIT wilayah Jayapura, Papua diguncang gempa tektonik. 


Gempa tersebut mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan dan fasilitas umum, diantaranya café panggung di Ruko Dok II Jayapura, tembok lantai 4 Mall Jayapura, kebakaran rumah warga di Hamadi, bangunan depan RSUD  Dok II Jayapura, Gedung Administrasi pasca sarjana Universitas Cenderawasih (Uncen), kawasan galian karang di Bucend Entrop, dan dealer Toyota Polimak.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,50° LS ; 140,70° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 km.
 
“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser,” ungkap dia dalam rilis.
 
Daryono menyatakan gempabumi tersebut berdampak dan dirasakan di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas V MMI  atau getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun daerah Kab. Keerom dengan skala intensitas III-IV MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu dan daerah Kabupaten Jayapura dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Dampak gempa bumi ini dilaporkan menimbulkan kerusakan pada beberapa bangunan di Jayapura. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

 “Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 Januari 2023 hingga Kamis, 9 Februari 2023 pukul 14:00 WIB telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 1.072 kali dengan 128 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat,” kata dia. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel