-->

AS dan India Kerja Sama Senjata hingga AI untuk Tandingi Cina


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Gedung Putih meluncurkan kemitraan di bidang teknologi dan pertahanan dengan India pada Selasa, 31 Januari 2023. Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengharapkan kerja sama terbaru ini akan membantu kedua negara bersaing dengan Cina dalam peralatan militer, semikonduktor, dan kecerdasan buatan (AI).

Penasihat keamanan nasional Pemerintahan Biden, Jake Sullivan, dan mitranya dari India, Ajit Doval, bertemu dengan pejabat senior dari kedua negara di Gedung Putih pada Selasa.

Mereka meresmikan apa yang disebut "U.S.-India Initiative on Critical and Emerging Technologies".

"Tantangan yang lebih besar yang ditimbulkan oleh Cina - praktik ekonominya, gerakan militernya yang agresif, upayanya untuk mendominasi industri masa depan dan mengendalikan rantai pasokan masa depan telah berdampak besar pada pemikiran di Delhi," kata Sullivan.

“Ini adalah bagian dasar besar lainnya dari keseluruhan strategi untuk menempatkan seluruh dunia demokrasi di Indo-Pasifik dalam posisi yang kuat. Ini adalah taruhan strategis oleh kedua pemimpin. Menciptakan ekosistem yang lebih dalam antara Amerika Serikat dan India akan melayani kepentingan strategis, ekonomi, dan teknologi kami," Sullivan menambahkan.

Washington ingin menyebarkan lebih banyak jaringan telepon seluler Barat di anak benua untuk melawan Huawei Technologies Co Ltd dari Cina.

Pemerintahan Biden juga ingin menyambut lebih banyak spesialis chip komputer India ke Amerika Serikat, serta mendorong perusahaan dari kedua negara untuk berkolaborasi dalam peralatan militer seperti artileri sistem.

Gedung Putih sejauh ini menghadapi perjuangan berat di setiap front, termasuk pembatasan AS pada transfer teknologi militer dan visa untuk pekerja imigran. India, sejak lama juga sudah ketergantungan pada Moskow untuk perangkat keras militer.

New Delhi telah membuat Washington frustrasi dengan berpartisipasi dalam latihan militer dengan Rusia. India juga telah meningkatkan pembelian minyak mentah negara itu, yang disebut sebagai sumber utama pendanaan untuk perang Rusia di Ukraina.

Namun, Washington telah menahan lidahnya, menyenggol negara itu di Rusia sambil memaafkan sikap India yang lebih agresif terhadap Cina.

Pada Senin, Sullivan dan Doval berpartisipasi dalam acara Kamar Dagang dengan para pemimpin perusahaan dari Lockheed Martin Corp, Adani Enterprises, dan Applied Materials Inc.

India adalah bagian dari proyek keterlibatan Asia dalam pemerintahan Biden, Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) yang fokus pada rantai pasokan, energi bersih, dan antikorupsi. Namun, India memilih untuk tidak bergabung dalam negosiasi pilar perdagangan IPEF.

Inisiatif baru kemarin juga mencakup upaya bersama dalam ruang dan komputasi kuantum berkinerja tinggi.

General Electric Co, sementara itu, meminta izin kepada pemerintah AS untuk memproduksi mesin jet dengan India. Menurut Gedung Putih, hasil pembuatan itu akan menggerakkan pesawat yang dioperasikan dan diproduksi oleh India. Washington masih melakukan peninjauan.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel