-->

Yapen, Waropen dan Puncak Jaya Jadi Wilayah Program Prioritas Nasional BPOM

Yapen, Waropen dan Puncak Jaya Jadi Wilayah Program Prioritas Nasional BPOM

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Republik Indonesia (RI) memiliki 3 program prioritas nasional yang dilakukan setiap tahun, yaitu Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pasar Aman Bebas Dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS).

Hal tersebut berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017, dimana Badan POM diminta menjamin keamanan dan mutu pangan olahan yang beredar di masyarakat serta memperkuat dan memperluas pengawasan dan intervensi keamanan PJAS.

“Di tahun 2023 ini di wilayah Papua rencananya akan kami lakukan di Kabupaten Kepulauan Yapen, Waropen dan Puncak Jaya,” ungkap Kepala BBPOM Jayapura, Mojaza Sirait, S.Si., Apt kepada Lelemuku.com pada Jumat, 6 Januari 2023.

Ia mengatakan BBPOM Jayapura akan segera bertemu dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dari tiga wilayah tersebut untuk  meminta kesediaan dan sinergitas kerjasama dalam pelaksanaan tiga program prioritas nasional tersebut.

Sirait menjelaskan, untuk program GKPD, pihaknya akan melatih kader yang terdiri dari pemerintah, karang taruna, remaja masjid dan gereja.

Selanjutnya, program PJAS, BBPOM akan melihat sekolah mana yang diintervensi. Kemudian program pasar aman bebas dari bahan berbahaya, BBPOM akan melatih komunitas pasar guna mencegah, mengendalikan dan mengawasi pangan mengandung Boraks, Formalin, Kuning Metanil dan Rhodamin B.

“Salah satu yang menjadi poin penting adalah kita akan mengintervensi, terutama desa yang masih tinggi angka stuntingnya, tentunya kami akan sinkronkan data dari berbagai pihak untuk desa mana yang kami kunjungi,” bebernya. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel