-->

Vladimir Putin Yakin Ekonomi Rusia Lebih Baik


MOSKOW, LELEMUKU.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin optimis perekonomian Rusia sudah lebih baik dibanding sebelumnya. Ekonomi Rusia juga akan lebih stabil ke depan karena semua indikator ekonomi mengarah ke stabilisasi.     

“Situasi perekonomian stabil, bahkan lebih baik dari apa yang diprediksi para oposisi kami dan kami sendiri. Salah satu indikatornya adalah angka pengangguran yang ada di angka terendah dalam sejarah. Inflasi juga lebih rendah dari yang diperkirakan dan menunjukkan tren penurunan,” kata Presiden Putin dalam wawancara dengan stasiun TV Russia 1, Minggu, 15 Januari 2023.

Baca juga:Akan Balas Serangan Drone Korea Utara, Presiden Yoon: Jangan Takut pada Nuklir Mereka

 Pengunjung memadati restoran baru Vkusno & tochka, yang dibuka setelah keluarnya perusahaan McDonald's Corp dari pasar Rusia, di Moskow, Rusia 12 Juni 2022. REUTERS/Evgenia Novozhenina

Menurut Putin, pihaknya mencatat inflasi diperkirakan melambat dari 11,9 persen pada 2022 menjadi sekitar 5 persen pada kuartal pertama tahun ini.

“Terlepas dari apapun, aktivitas produksi di sektor industri mengalami kenaikan, begitu juga pertanian dan konstruksi. Jadi secara keseluruhan, situasi di sini bukan hanya stabil, namun juga cukup memuaskan, kalau tidak bagus,” kata Presiden Putin.

Inflasi tahunan Rusia pada 2022 di lebih rendah dari prediksi sebelumnya. Bank Sentral Rusia dan Kementerian Pengembangan Ekonomi berharap indikator ekonomi Rusia bisa di atas 12 persen.

Kenaikan harga-harga di Rusia terjadi pada enam bulan pertama tahun lalu atau persis saat perang Ukraina terjadi dan negara-negara Barat menjatuhkan sanksi ke Rusia buntut dari invasi tersebut. Inflasi di Rusia mencapai puncaknya pada April 2022 sebesar 17,83 persen. Akan tetapi, secara bertahap mereda pada bulan berikutnya. Sejumlah ekonom dari negara-negara Barat memprediksikan inflasi di Rusia bisa menembus 20 persen.(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel