-->

Potensi Hidrometeorologi, BMKG Minta Masyarakat Papua Waspada

Potensi Hidrometeorologi, BMKG Minta Masyarakat Papua Waspada

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura meminta masyarakat Papua dan stakeholder lebih meningkatkan kewaspadaan selama periode musim hujan.

Menurut Sub Koordinator Bidang Pelayanan Jasa, Ezri Ronsumbre masih terdapat potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat dan angin kencang di beberapa wilayah dan berdampak pada potensi kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, banjir bandang, dan lain-lain.

“Masyarakat diharapkan menjauh dari bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor ketika terjadi hujan sangat lebat,” ujar dia kepada Lelemuku.com pada Jumat, 6 Januari 2023.

Ezri pun mengajak masyarakat memperhatikan kondisi lingkungan tempat tinggal, saluran air, pohon-pohon tinggi, bagi masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah rawan banjir karena kondisi drainase yang buruk.

Selanjutnya, masyarakat yang tinggal di wilayah bantaran sungai ataupun kaki gunung atau perbukitan agar meningkatkan kewaspadaannya apabila intensitas hujan tinggi pada daerah dataran tinggi atau pegunungan yang berpotensi menyebabkan longsor dan banjir dan banjir bandang.

“Selalu memperbaharui informasi cuaca mengingat kondisi cuaca yang sangat cepat berubah. Informasi cuaca dapat diakses melalui media sosial Info BMKG Papua, seperti Facebook, twitter, Intstagram, Whatsapp, Telegram, aplikasi Info BMKG, atau dapat menghubungi UPT BMKG terdekat,” pesannya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel