-->

Paspampres akan Humanis saat Mengawal Presiden-Wapres


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Komandan Paspampres  Marsekal Muda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko mengatakan Pakan lebih mengawal dengan lebih humanis sesuai arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal ini disampaikan Marsekal Muda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko saat ditemui usai acara Hari Bhakti Paspampres ke-77 di Mako Paspampres di Jakarta Pusat, Sabtu, 7 Januari 2023.

“Keinginan beliau (Presiden Jokowi) kita menjadi prajurit yang profesional humanis yang sudah ditekankan beliau,” kata Wahyu Hidayat Soedjatmiko kepada awak media.

Ia mengatakan Paspampres terus berupaya membina anggotanya agar selalu humanis nan tegas dalam menghadapi potensi ancaman masyarakat.

“Ini yang masih kita bina terus supaya, walaupun kita dihadapkan massa yang sekian besar, tetapi kita tetap sabar, tetap humanis dan tegas bisa melaksanakan, memilah ancaman masyarakat,” ujar Wahyu.
Pengamanan menjelang Pemilu 2024

Lebih lanjut, terkait pengamanan menjelang Pemilu 2024, Wahyu Hidayat Soedjatmiko mengatakan mereka akan meningkatkan antisipasi di bidang intelijen menjelang situasi tahun politik. Ia mengatakan Paspampres akan selalu berkomunikasi dengan satuan wilayah terkait karena Paspampres tidak bisa bekerja sendiri untuk melakukan pengawalan Presiden dan Wakil Presiden di tahun politik.

Dia juga menyatakan koordinasi dengan satuan wilayah sangat penting untuk mencegah ancaman langsung masuk ke ring satu.

“Karena kita tidak bisa bekerja sendiri karena dibagi ring tiga, ring dua, dan ring satu. Yang menjadi tanggung jawab kota adalah ring satu, di mana ancaman tidak langsung ujug-ujug ke ring satu,” kata Wahyu.
Hari Bakti Paspampres

Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres menggelar puncak acara hari jadi atau Hari Bhakti Paspampres ke-77 di Lapangan Hitam Mako Paspampres di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 7 Januari 2023.

Acara ini merupakan puncak rangkaian acara terbentuknya Paspampres pada 3 Januari 1946. Kegiatan ini dihadiri oleh keluarga besar anggota Paspampres beserta kerabat.  

Terlihat sejumlah kendaraan taktis Paspampres ditampilkan di depan gedung Lapangan Tembak Setia Waspada Paspampres. Barisan detasemen masuk dari sisi timur lapanhan disusul detasemen musik dari barat. Pasukan Pataka Paspampres kemudian masuk lapangan dari sisi barat.

Dalam memperingati Hari Bhakti Paspampres,  Wahyu mengatakan mereka telah menggelar kegiatan seperti ziarah ke Makam Taman Pahlawan hingga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, antara lain bantuan sembako, renovasi tempat ibadah, dan layanan kesehatan.

Dalam kegiatan hari ini Paspampres menampilkan aksi bela diri karate, taekwondo, silat, dan aikido. Kemudian ada penampilan simulasi pengamanan VVIP oleh Paspampres. Paspampres juga menampilkan simulasi penjinakan bom menggunakan robot penjinak bom Defender ROV (remotely operated vehicle) buatan Jerman. Kemudian ada simulasi evakuasi kebakaran VVIP dari atas gedung tinggi menggunakan tali. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel